Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angin Ribut Dan Hujan Deras Ratakan Rumah Warga Di Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Angin kencang yang disertai hujan deras disejumlah wilayah didaerah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi Dini harin tadi Jumat (2/4/2021) mengakibatkan sebanyak tujuh rumah warga mengalami rusak parah, bahkan Satu bangunan di antaranya rubuh dan rata dengan tanah.

Kejadian naas tersebut terjadi di wilayah Balla jaiya, Kelurahan Bonto Perak, kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulsel, dimana angin kencang disertai hujan tiba-tiba menerjan saat warga sudah terlelap di rumahnya masing masing.

Dilokasi kejasian nampak sejumlah petugas dari BPBD dan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) berada di tempat kejadian untuk membantu korban. Relawan PMI Pangkep, Syaiful mengatakan, ada satu dari tujuh rumah warga yang terdampak angin puting beliung, roboh dan rata dengan tanah.
"Rumah itu milik Ibu Ros yang tinggal dengan empat anaknya yang masih kecil," kata Syaiful di Kabupaten Pangkep, Sulsel, Jumat (2/4/2021).

Sementara itu Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) yang mengetahui musibah tersebut turun langsung meninjau korban angin puting beliung Kunjungan MYL tampak didampingi Kepala Dinas Sosial Hj Najemiah bersama Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Camat Pangkajene, dan Lurah Bonto Perak.

Sesampainya di lokasi bencana tersebut, Muhammad Yusran Lalogau langsung memberikan bantuan tahap awal berupa tenda kepada korban.

“Ini hanya bantua awal, insya Allah akan ada bantun dari Dinas Sosial yang akan membantu memperbaiki rumahta‘ nanti, sehingga layak ditempati kembali,” kata Yusran saat memberikan bantuan tahap awal tersebut.

Dilokasi nampak juga sejumlah petugas gabungan mendata korban bencana angin puting beliung dan menyerahkan bantuan. Seperti terpal, sembako dan makanan siap saji.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan untuk Jumat, 2 April 2021 pukul 03.10 WITA.

Peringatan dini tersebut disampaikan pada situs resmi BMKG, bmkg.go.id.

Dalam laporan BMKG, disebutkan ada sembilan kabupaten mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai angin kencang pada pukul 03.40 WITA diantaranya:

1. Kabupaten Pangkep dan sekitarny
2. Kota Makassar dan sekitarny
3. Kabupaten Maros* dan sekitarny
4. Kabupaten Jeneponto dan sekitarnya
5. Kabupaten Takalar dan sekitarnya
6. Kabupaten Luwu Timur dan sekitarnya dapat meluas ke wilayah
7. Kabupaten Gowa dan sekitarnya
8. Kabupaten Bantaeng dan sekitarnya
9. Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 05.00 WITA.

(ADM-KP)


 

Posting Komentar untuk "Angin Ribut Dan Hujan Deras Ratakan Rumah Warga Di Pangkep"