Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiri Kongres Kubu Muldoko, Ketua DPC Demokrat Pangkep Dipecat

KORANPANGKEP.CO.ID - DPD Partai Demokrat (PD) Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya menjatuhkan sanksi pemecatan kepada ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Andi Muhammad Ridha bersama 3 DPC lainnya yakni DPC Kabupaten Takalar, Barru, dan Sidrap, mereka dipecat karena ketahuan hadir di kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut)yang dimotori oleh kubu Muldoko.

"Sudah final ini (pemecatan 4 ketua DPC), mereka dipecat dan dicap sebagai pengkhianat partai. Sudah dipecat oleh DPP," kata Ketua Bapilu DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle, saat dimintai konfirmasi awak media, Selasa (9/3/2021).

Empat ketua DPC yang dipecat tersebut ini tertangkap oleh DPP menghadiri KLB dan tercatat namanya di sebuah hotel di sekitar lokasi pelaksanaan KLB dan tidak hadir dalam apel siaga, baik secara fisik maupunn secara virtual.

"Empat orang ini kita kehilangan kontak, tidak ada sama sekali. Beda dengan yang lain, ada yang hadir secara fisik ada yang via virtual, tetapi dia share loc, dan ada juga via phone. Sehingga empat orang ini tidak bisa dihubungi sama sekali, ditambah data dari DPP. Ya sudah, DPP ambil keputusan diberhentikan secara tidak hormat," katanya tegas.

Dia menegaskan, DPD I Demokrat Sulsel akan menutup pintunya jika ada pihak dari pengurus KLB Deli Serdang yang akan ke Makassar. Menurutnya, tidak ada dasar untuk menerima hasil KLB.

"Yang kami lakukan ke seluruh DPC, meminta kepada seluruh DPC di 24 kabupaten/kota ini siaga, konsolidasi. Jangan sampai ada orang yang ada di kelompok KLB yang mau melakukan upaya pemaksaan, mengklaim kita punya simbol partai. Tentu kita lawan, tidak ada cerita," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe mencurigai ada empat ketua DPC Demokrat di bawah wilayahnya yang mengikuti kongres luar biasa (KLB) yang dianggap ilegal dan inkonstitusional di Deli Serdang, Sumut. Ni'matullah menegaskan akan memecat empat ketua DPC tersebut.

"Kita mencurigai sekitar 4 (ketua DPC Demokrat dari Sulsel ikut KLB)," ujar Ni'matullah, yang akrab disapa Ulla, kepada detikcom, Sabtu (6/3/2021).

Namun Demikian, sejumlah kader Demokrat Pangkep tetap solid mendukung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meski ketua DPC Pangkep berangkat menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) yang di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021) lalu

Legislator DPRD Pangkep dari Partai Demokrat, Irwan Nursaid membenarkan keberangkatan Andi Ridha mengikuti kongres yang keputusannya memenangkan Muldoko sebagai Ketua Umum. Ia tak heran dengan pemecatan Andi Ridha sebab seluruh Ketua DPC yang diketahui akan hadir di KLB, SK-nya langsung dinonaktifkan. Ia menuturkan, Andi Ridha berangkat sendiri tanpa membawa pengurus lain.

"Kehadirannya di KLB Deli Serdang itu bukan sebagai ketua DPC Partai Demokrat Pangkep karena sebelum dia sampai disana karena sudah terindikasi dan itu diikuti dengan penonaktifan SKnya sebagai ketua dan otomatis dipecat," kata Irwan melalui sambungan telepon, Senin (8/3/2021).

Ia menegaskan, seluruh pengurus dan kader Partai Demokrat Pangkep tetap solid dibelakang Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Irwan yang saat ini masih melakukan tugas diluar daerah mengatakan, jika kembali di Pangkep akan mengumpulkan kader untuk memberikan pernyataan terbuka dukungan terhadap AHY.

"Insyaallah kalau saya pulang akan ada apel kesetiaan. Kebetulan besok ada perintah DPP ikut undangan meeting zoom dengan Ketum AHY," ujarnya.

Terkait pengganti Andi Ridha, Irwan menuturkan, sampai saat ini belum ada yang ditunjuk oleh DPP. Ia sendiri mengaku siap jika diberi kepercayaan memimpin DPC Partai Demokrat Pangkep.

"Kebetulan saya juga ditanya hal itu, saya bilang sebagai kader tentu saya harus siap (jadi ketua) kalau diperintahkan," pungkasnya.

Sementara Ketua DPC Demokrat Pangkep Andi Ridha sendiri yang dihubungi melalui telepon seluler dan pesan WhatsApp tak membalas pertanyaan wartawan. Nomor ponsel mantan legislator DPRD Pangkep dua periode itu tidak aktif.

(ADM-KP)

 

Posting Komentar untuk "Hadiri Kongres Kubu Muldoko, Ketua DPC Demokrat Pangkep Dipecat"