Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PT. Semen Tonasa Dukung Donor Plasma Konvalesen BUMN Untuk Penderita Covid-19

KORANPANGKEP.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan program Plasma konvalesen BUMN untuk Indonesia. Program ini merupakan wujud dukungan Kementerian BUMN untuk program Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicetuskan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Dan salah satu metode pemulihan bagi pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 adalah dengan terapi plasma konvalesen.

Program  yang digelar oleh Kementerian BUMN kerjasama PMI yang dihadiri langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Ketua Umum PMI, HM. Jusuf Kalla serta sejumlah direksi perusahaan BUMN termasuk PT. Semen Tonasa. Donor Plasma BUMN Untuk Indonesia tersebut dipusatkan di Kantor Pertamina Jakarta, Senin (8/2/2021).

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen dikalangan Kementrian BUMN, PT Semen Tonasa turut serta  dalam program yang digelar secara serentak di 15 Provinsi, serta disaksikan secara online di 34 Provinsi. program Donor Plasma BUMN untuk Indonesia di Sulsel ini dilaksanakan oleh UTD PMI Cabang Makassar, Jalan Kandea, Makassar

Dari 12 penyintas Covid-19 dari berbagai perusahaan BUMN di Sulsel yang diseleksi pada Sabtu (6/2/2021) kemarin, terdapat dua orang karyawan PT Semen Tonasa yang dinyatakan lolos, mereka adalah Muh. Yasin dan Tohirin. Selanjutnya, kegiatan Donor Plasma BUMN untuk Indonesia ini akan dilanjutkan pada Senin 15 Februari 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti, mendukung sepenuhnya peluncuran gerakan nasional donor plasma konvalesen, untuk Provinsi Sulsel sendiri, dan akan mengarahkan sumber daya yang dimiliki untuk memfasilitasi pelaksanaan program tersebut baik melakukan sosialisasi mengajak pasien penyintas Covid-19 dilingkungan perusahaan sekaligus mendorong keluarga BUMN yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 untuk membantu pasien Covid-19 lainnya dengan mendonorkan plasma darahnya.

“Kami insan BUMN akan selalu siap membantu dengan semua sumber daya yang kami miliki, untuk membantu sesama Untuk itu kami menghimbau kepada para penyintas Covid-19  untuk dapat melakukan donor plasma karena sangat dibutuhkan bagi para penderita Covid-19 utamanya mereka yang bergejala sedang hingga berat, selain itu tentunya dengan mematuhi prinsip-prinsip protokol kesehatan akan menghambat dan memtus mata rantai penyebaran Covid-19." Ungkapnya

Mufti Arimurti pun berharap dengan kerjasama yang terbangun Antara BUMN dengan PMI, pihaknya berharap program gerakan nasional donor plasma konvalesen ini nantinya dapat meningkatkan semangat dan respon positif dari semua penyintas Covid-19  yang memenuhi persyaratan, mau mendonorkan plasmanya untuk sesama.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Tohir dalam Samnbutannya di acara tersebut mengungkapkan pemerintah juga terus menggalakan program vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kematian akibat virus tersebut.

Erick menambahkan, donor plasma kovalesen sangat dibutuhkan oleh orang yang terinfeksi Covid-19. Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian.

“Sebagai laporan kepada Bapak Jusuf Kalla, bahwa hari ini jumlah pendaftar untuk donor plasma ada 1.048. Terdiri dari 66 BUMN di 33 provinsi, Insyaallah kerja sama yang dilakukan BUMN dengan PMI ini bisa terus bergulir, seperti yang tadi disampaikan Pak Jusuf Kalla bahwa 400 cc (plasma kovalesen) itu bisa menyelamatkan dua nyawa manusia.” ujar Erick dalam sambutannya, Senin (8/2/2021).

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PT. Semen Tonasa Dukung Donor Plasma Konvalesen BUMN Untuk Penderita Covid-19"