Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Pelantikan Kepala Daerah Besok, MYL-SS Hadiri Geladi Bersih di Makassar.

KORANPANGKEP.CO.ID - Pasangan kepala daerah terpilih kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS) mengikuti gladi bersih proses pelantikan hari ini Kamis (25/2/2021) bersama 10 bupati/wakil bupati dan 1 walikota/wakil walikota se Sulsel di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Makassar.

Dari pantauan awak media, gladi bersih pelantikan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Memakai masker, jaga jarak hingga membatasi jumlah orang dalam ruangan Baruga Pattingalloang.

11 kepala daerah terpilih itu akan dilantik besok, 26 Februari 2021 oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA), didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Andi Sudirman Sulaiman. Adapun 11 pasangan kepala daerah tersebut, Danyy Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar), Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros), Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Adnan Puritha Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Gowa).

Selanjutnya, Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeng (Tana Toraja), Basli Ali-Saiful Arief (Selayar), Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru), Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (Luwu Utara), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Samma (Pangkep), Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba).

Kecuali, Luwu Timur pasangan kepala daerah terpilih hanya dihadiri Wakil Bupati Budiman, mengingat bupati terpilih Thoriq Husler meninggal dunia sebelum ditetapkan untuk dua periode.

“Kita sudah melihat lagi simulasi pelaksanaan gladi bersih. Dua hal yang paling penting kami harapkan, yang pertama masing-masing perhatikan barisan,” kata Asisten I Bidang Pemerintah Andi Aslam Patonangi.

“Kedua daerah persiapan, di Teras Rujab. Kemudian tempat bapak dan ibu, di dalam area pelantikan. Mungkin bisa pada saat sebelum pulang nanti bisa diperiksa kembali tempatnya untuk berdiri demikian terima kasih,” tambahannya.

Sementara itu ribuan personel gabungan Polretabes Makassar, nantinya akan ditempatkan dibeberapa lokasi di Kota Makassar, khususnya di lokasi pelantikan besok, Jumat 26 Februari 2021. Pelantikan dilakukan pengamanan sesuai dengan Ring yang telah ditentukan.

"Kami menerjunkan 1198 personel gabungan. Ribuan personel ini bertugas melakukan pengamanan agar pelantikan berjalan dengan sukses. Pelantikan dilakukan pengamanan sesuai dengan Ring, setelah kegiatan selesai akan dilanjutkan ke DPRD Kota Makassar," kata Kapolrestabes Makassar, Witnu, saat apel gelar pasukan di Mapolrestabes Makassar, Kamis 25 Februari 2021.

Selain mengawal jalannya proses pelantikan, polisi juga akan melakukan upaya tegas dan terukur jika terjadi kerumunan massa. Sehingga, untuk menekan pendemi atau penyebaran Covid-19, maka petugas tidak akan segan-segan melakukan upaya pembubaran secara paksa.

"Kita harus tetap mengedepankan protokol kesehatan dan dilakukan secara persuasif. Apabila tidak dipatuhi, maka dilakukan tindakan tegas dan terukur membubarkan kerumunan,"tegas Witnu

(ADM-KP)

Post a Comment for "Jelang Pelantikan Kepala Daerah Besok, MYL-SS Hadiri Geladi Bersih di Makassar."