Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bulan ini Masa Jabatan Syamsuddin Habis, Bupati Pangkep Akan Dipimpin PJ Karateker

KORANPANGKEP.CO.ID - Masa jabatan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel H.Syamsuddin Hamid bakal dan wakilnya H.Syahban Sammana berakhir masa periode lima tahunnya pada tanggal 17 Februari 2021 mendatang,oleh sebab itu karena perkara Pilkada Pangkep masih proses bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) maka jabatan sebagai orang nomor satu di kota bandeng tersebut bakal dijabat oleh Pejabat Karateker hingga KPU Pangkep menetapkan pemenang Pilkada Pangkep.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengungkapkan saat ini dari 12 daerah yang melakukan Pilkada Serentak di Sulsel, baru tujuh daerah yang dikirim kemendagri untuk dibuatkan SK Bupati/walikota beserta wakilnya, dan lima daerah masih ditunda karena masih dalam proses persidangan di MK

“Sudah tidak ada lagi di meja (gubernur), sudah dikirim semua (ke kemendagri),” kata Nurdin saat ditemui di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai tangka Makassar, Jumat (5/2/2021).

Nurdin menambahkan, jadwal pelantikan Bupati dan Wakil bupati serta walikota dan wakil walikota terpilih di Pilkada serentak tahun 2020 ini bisa saja tergantung dari SK yang dikeluarkan oleh Kemendagri. Apa lagi masa jabatan/periode jabatan di masing-masing kabupaten/kota di Sulsel berbeda-beda.

“Tergantung SK, kalau SK sudah kita terima, kita atur jadwal pelantikan, karena inikan tahun ini ada dua yang berbeda ada yang akan berakhir 17 Februari, dan ada 1 yang berakhir 31 maret yaitu Toraja Utara,”  Kata Nurdin Abdullah.

Sementara itu 5 kabupaten yang belum mengirim hasil penetapan pemenang Pilkada serentak tahun 2020 karena masih bersengketa. yakni, Kabupaten Pangkep Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Bulukumba.

“Karena daerah ini belum melakukan sidang paripurna penetapan pemenang Pilkada,” ucap NA.

Gubernur Nurdin mengaku berkas persiapan nama-nama calon Pj Bupati sudah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hanya saja tidak disebutkan siapa pejabat eselon II Pemprov yang telah diajukan.

“Nah, ada lima yang dalam sengketa itu sudah kita sudah persiapkan PJ nya. Itu Kita tinggal tunggu. Jadi itu kita terima langsung kita proses, kita kirim,” pungkasnya.

Sebelumnya, NA  mengaku pelantikan akan dilakukan secara serentak pada tanggal 17 Februari mendatang.

Berikut tujuh berkas pemenang Pilkada yang telah diserahkan ke Kemendagri

1. Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar)

2. Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni (Gowa)

3. Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng)

4. Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros)

5. Basli Ali-Saiful Arief (Selayar)

6. Yohanis Bassang-Frederik V Palimbong (Toraja Utara)

7. Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja)

Ditunda karena sengketa

1.  Muhammad Yusran Laloga-Syahban Samma (Pangkep)

2. Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba)

3. Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru)

4. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (Luwu Utara)

5. Thoriq Husler-Budiman Hakim (Luwu Timur)

(ADM-KP)
 

Posting Komentar untuk "Bulan ini Masa Jabatan Syamsuddin Habis, Bupati Pangkep Akan Dipimpin PJ Karateker"