Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vaksin Sinovac Tahap Pertama Tiba Di Sulsel, Pangkep Dapat Jatah 3.151 Vaksin

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebanyak 30 ribu vaksin covid-19 dari 66.640 vaksin Untuk tahap pertama, untuk Sulsel tiba hari ini, Senin, (4/1/2021). Jenisnya adalah vaksin sinovac. vaksin di tahap pertama ini diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang jauh-jauh hari telah mendaftar secara online.

"Dari tadi malam kita berkoordinasi terus dan hari ini akan tiba 30 ribu vaksin sinovac dari total vaksin untuk Sulsel di tahap pertama ini sebanyak 66.640 vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Dr Ichsan Mustari kepada media saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin, (4/1/2021).

Ichsan, menyebutkan vaksin untuk tenaga kesehatan disesuaikan dengan jumlah tenaga kesehatan disuatu kabupaten/kota, seperti Makassar 14 ribu lebih dan kabupaten Pangkajene dan Kepulauan sebanyak 3 ribu lebih vaksin sinovac

"Jadi jumlah vaksin yang tiba sesuai dengan jumlah nakesnya. Terbanyak itu di Makassar sebanyak 14.355 orang nakes, menyusul Kabupaten Pangkep sebanyak 3.151 orang nakes. Menyusul 22 kabupaten/kota lainnya sekitar 1.000 hingga 2.000 orang nakes," kata Ichsan.

Ichsan menambahkan, setibanya vaksin tersebut, terlebih dahulu akan disimpan di cold room yang berada di kantor Dinas Kesehatan Sulsel. Untuk di kabupaten/kota, penyimpanan vaksin hanya membutuhkan refrigerator atau kulkas berukuran besar.

"Tidak perlu cold room kalau di kabupaten, kecuali di Makassar kemungkinan pakai cold room karena akan dapat bantuan dari pusat," tuturnya.

Selanjutnya, kata Ichsan lagi, tempat vaksinasi nanti di sejumlah fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit. Ditargetkan, pada 12 Januari 2021 mendatang, vaksin telah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota sehingga bisa dilaunching sekaligus vaksinasi serentak pada 14 Januari.

(ADM-KP)

Post a Comment for "Vaksin Sinovac Tahap Pertama Tiba Di Sulsel, Pangkep Dapat Jatah 3.151 Vaksin"