Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilkada Pangkep Bersengketa, Ini Jadwal Sidangnya di Mahkama Konstitusi

KORANPANGKEP.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mengeluarkan jadwal sidang Perselisihan Hasil Pilkada (PHPKada), termasuk untuk perkara 5 daerah dari 12 kabupaten / kota di Sulawesi Selatan (sulsel) yang menggelar Pilkada Serentak 2020. dan salah satu diantaranya adalah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Bulukumba, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kabupaten Barru.

MK menerbitkan jadwal sidang lewat Peraturan MK Nomor 8 Tahun 2020 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Sidang sengketa Pilkada dimulai dengan persiapan pemeriksaan pendahuluan pada 26-29 Januari 2021.

Mengutip jadwal yang dikeluarkan MK, sidang pendahuluan PHPKada kabupaten Pangkep akan dimulai pada 28 Januari 2021 mendatang. Dengan selaku Pemohon (Penggugat) adalah pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Abdul Rahman Assegaf dan Muammar Muhayyang (RAMAH) dan KPU Pangkep selaku termohon (tergugat)

Sidang pendahuluan tesebut di antaranya mengagendakan pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan. Kemudian, memeriksa dan mengesahkan alat bukti pemohon serta, pengucapan ketetapan sebagai pihak terkait. Rencananya, masa sidang akan berlangsung sekitar 30 hari masa kerja sampai dengan putusan.

Proses ini meliputi pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi pemohon, pemeriksaan isi materi permohonan, serta pengesahan alat bukti pemohon. Sidang pemeriksaan berjalan di MK berlangsung 1-11 Februari 2021. Termasuk di dalamnya agenda penyerahan jawaban termohon, pemeriksaan keterangan pihak terkait, dan keterangan Bawaslu.
 
MK melanjutkan persidangan dengan mendengar jawaban termohon, keterangan pihak terkait, keterangan Bawaslu, serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti. Bukti tersebut berasal dari termohon, pihak terkait, dan Bawaslu.
 
Pengucapan putusan atau ketetapan sidang untuk melanjutkan perkara dilanjutkan berlangsung pada 15-16 Februari 2021. Jika dinyatakan lolos oleh hakim, sidang lanjutan berjalan dari 19 Februari hingga 18 Maret 2021
 
Pada tahapan ini, persidangan memiliki agenda mendengarkan keterangan saksi ahli serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti tambahan. Putusan akhir ketetapan perkara PHPU dibacakan pada 19-24 Maret 2021.

Kuasa Hukum RAMAH Arsi Vinumbun mengungkapkan pihaknya saat ini tengah mematangkan materi gugatannya di MK terlebih lagi saat ini pihaknya kembali menemukan bukti tambahan terkait pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh salah satu calon kepala daerah.

"Soal gugatan sampai sekarang masih berlanjut di MK, apalagi kami ada tambahan bukti terhadap jalannya proses Pilkada di Pangkep" katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu ketua KPU Pangkep A. Burhan mengemukakan pihaknya saat ini telah siap menghadapi gugatan PHPKada yang dilayangkan paslon nomor urut 2 ke MK dan telah menyiapkan segala bentuk dokumen yang diperlukan dalam sidang serta telah membentuk tim PHPKada dan mempersiapkan pengacara sebagai kuasa hukum di sidang MK mendatang.

"Kami sudah persiapkan berbagai dokumen terhadap daerah yang berperkara di Pangkep seperti model C hasil perhitungan TPS, Model D hasil perhitungan kecamatan, dan model D hasil perhitungan kabupaten, kami juga telah membentuk Tim PHP KPU serta telah melakukan kontrak dengan kuasa hukum yang akan mewakili KPU di jakarta" Pungkas Burhan.

 



(ADM-KP)

 

Post a Comment for "Pilkada Pangkep Bersengketa, Ini Jadwal Sidangnya di Mahkama Konstitusi"