Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BKN : Rekrutmen Guru CPNS hanya Untuk Posisi Guru Manajerial

KORANPANGKEP.CO.ID - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan kebijakan mengalihkan formasi guru CPNS ke PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dilakukan guna memenuhi ketentuan dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dikatakan hanya ada dua skema pegawai yang diakui, yakni PNS dan PPPK. Sejalan dengan lengkapnya regulasi mengenai PPPK, pemerintah pun mulai tahun ini mengurangi persentase jumlah PNS.

Di antaranya jabatan guru, tenaga kesehatan, penyuluh, serta tenaga teknis lainnya. Jabatan guru mendapatkan formasi PPPK yang sangat besar, yaitu sebanyak satu juta orang karena bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru.

"Sebenarnya ada 147 jabatan fungsional yang akan dialihkan menjadi PPPK. Di antaranya, guru, dokter, perawat, bidan, dosen, peneliti, dan lainnya," terang Bima Haria dalam konferensi pers daring, Selasa (5/1/2021) lalu.

Walaupun demikian, kata Bima, ada posisi tertentu yang akan tetap diisi PNS tak terkecuali formasi guru. Pemerintah masih tetap akan merekrut guru CPNS secara terbatas. Artinya tidak semua formasi guru dibuka. Yang dibuka hanya formasi guru manajerial.

"Rekrutmen guru CPNS akan dibuka tetapi terbatas dan itu hanya untuk posisi guru manajerial," ungkap Bima.

Apa saja guru manajerial itu? Bima Haria saat dihubungi awak media mengungkapkan, seperti kepala sekolah dan pengawas. Jabatan itu akan diisi PNS. Begitu juga dosen, tidak semua dialihkan ke PPPK tetapi jabatan manajerial tetap diisi PNS. Di dalam UU ASN, PNS menduduki jabatan struktural yang menyangkut kebijakan. Begitu juga hal-hal yang berkaitan dengan rahasia negara harus diisi PNS.

"Karena posisi PNS mengisi jabatan struktural yang strategis, makanya untuk rekrutmennya diperketat," ujar Bima.

Bima mencontohkan guru manajerial, persyaratannya akan lebih sulit karena dipersiapkan untuk jabatan manajerial. Perubahan ini, sesuai dengan amanat PP Manajemen PNS di mana, PNS harus profesional.

Dia menambahkan, pengaturan soal jabatan apa saja yang diisi PPPK ada di dalam Perpres Nomor 38 Tahun 2020. Di situ tercantum 147 jabatan fungsional yang dapat diisi PPPK. Bahkan di dalam PP Manajemen PPPK, PPPK bisa juga mengisi jabatan pimpinan tinggi (JPT).

"Ke depan posisi PNS itu akan lebih sedikit dibandingkan PPPK. PNS hanya untuk jabatan struktural yang menyangkut kebijakan dan kerahasiaan negara. Kalau di negara lain persentase PNS 30 persen, sedangkan PPPK 70 persen," pungkas Bima Haria Wibisana


JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan pemerintah tahun ini tidak akan merekrut guru untuk formasi calon pegawai negeri sipil ( CPNS ). Namun dia mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan bahwa akan ada rekrutmen guru untuk formasi CPNS di masa mendatang.

“Hingga saat ini tidak tertutup kemungkinan bagi pemerintah untuk tetap membuka formasi CPNS untuk guru. Namun ini dilakukan secara terbatas guna menjamin keberlangsungan pendidikan,” katanya saat konferensi pers, Selasa (5/1/2021). (Baca juga: BKN Sampaikan Alasan Tak Ada Rekrutmen CPNS Guru Tahun Ini )

Dia menjelaskan bahwa keberlangsungan sekolah yang dimaksud adalah bahwa sekolah memerlukan jabatan-jabatan manajerial yang harus diisi oleh guru PNS. Sehingga dia menekankan bahwa pembukaan CPNS guru akan disesuaikan dengan kondisi jabatan manajerial yang kosong.

“Apa yang dimaksud dengan keberlangsungan pendidikan adalah bahwa di sekolah ini diperlukan posisi manajerial yang harus diisi guru PNS. Dan untuk itu ke depan pemerintah akan tetap membuka sesuai dengan kebutuhan dari posisi manajerial yang kosong di sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut Bima menjelaskan bahwa ke depan PNS memang akan diperuntukan untuk jabatan-jabatan pembuatan kebijakan. Sementara PPPK akan difokuskan meningkatkan profesionalisme layanan. Hal ini berlaku bagi 147 jabatan fungsional yang bisa diisi PPPK maupun CPNS. Dimana salah satu jabatannya adalah guru. (Baca juga: Ini Penjelasan Kemendikbud Formasi CPNS untuk Guru Ditiadakan )

“Nanti akan dihitung berapa yang PNS dan PPPK. Tapi tetap dengan kriteria tadi bahwa yang PNS itu adalah untuk posisi-posisi dalam proses policy making atau policy support. Sedangkan PPPK lebih pada untuk mempercepat tingkat profesionalisme dan kompetensi yang di dalam formasi PNS itu tidak ditemukan,” pungkasnya.

(ADM-KP)

 

Posting Komentar untuk "BKN : Rekrutmen Guru CPNS hanya Untuk Posisi Guru Manajerial"