Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baru Beberapa Bulan Selesai Dikerja Talud Sungai Di Tekolabbua Roboh

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebuah bangunan talud Sungai di Kampung Polewali, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, Roboh saat air sungai Pangkajene meluap beberapa waktu lalu, padahal bangunan talud dari anggaran perubahan APBD 2020 tersebut baru dibangun beberapa bulan lalu.

Robohnya bangunan talud sungai tersebut menjadi sorotan warga setempat. Salah seorang sumber yang enggan namanya ditulis ke media ini mengatakan, bangunan talud tersebut masih tergolong baru, namun diduga karena kualitasnya kuran baik sehingga saat air sungai meluap tidak sanggup menahan derasnya air sampai akhirnya roboh.

“Talud ini dugaan saya baru empat bulan dibangun, namun sudah roboh karena mungkin pondasi dasarnya yang kurang dalam sehingga tanah dasarnya pun mudah tergerus air dan beronggah sehingga taludnya roboh,” ungkap sumber saat ditemui awak media di Kampung Polewali, Kelurahan Tekolabbua. Selasa (5/1/2021).

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Rakyat (LSM Perak) Sulsel, Adiarsa MJ SE SH turut menyoroti kualitas pembangunan talud yang ada di Kampung Polewali tersebut.

“Aparat hukum dalam hal ini sudah harus memanggil pejabat pembuat komitmen (PPK) dan kontaktornya karena patut diduga kualitas bangunannya harus dipertanyakan. Kami menduga pekerjaannya asal jadi dan kami minta tim teknis aparat hukum diturunkan segera,” ungkap Ketua LSM Perak ke media ini.

Kepala Bidang Pengairan PU, Ikra yang dihubungi media ini mengatakan, pekerjaan talud yang ada di Kampung Polewali Tekolabbua masih tahap pemeliharaan. Lanjut diterangkan, pihaknya belum memperbaiki bangunan talud yang roboh tersebut, lantaran kondisi cuaca di musim hujan ini menyulitkan untuk dikerjakan.

“Kalau kita kerja sekarang rawan karena masih musim hujan dan air masih tinggi, apa lagi di bagian situ (Kampung Polewali) daerah tabrakan air. Kemarin kami konfirmasi tunggu hujan reda baru diperbaiki. Insya Allah, lewat musim hujan kami akan memperbaiki (talud), sudah ada juga surat keterangan bencana banjir dari kelurahan,” kata Ikra.

Komisi III DPRD Pangkep, diketuai Muh Ramli, meninjau langsung bangunan talud sungai yang roboh di Kampung Polewali, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Rabu (6/1/2021).

“Kami minta kepada rekanan agar segera memperbaikinya, apa lagi inikan masih ada masa pemiliharaannya. Jadi kami sampaikan ke Bidang Pengairan Dinas PU agar segera ambil langkah perbaiki, jangan nanti semakin parah,” tegas Muh Ramli yang didampingi beberapa anggota Komisi III DPRD Pangkep.

(ADM-KP/SR)

 

Post a Comment for "Baru Beberapa Bulan Selesai Dikerja Talud Sungai Di Tekolabbua Roboh"