Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usai Pilkada, 27 Desa di Pangkep Kembali Bakal Menggelar Pilkades Serentak 2021

KORANPANGKEP.CO.ID - Sejumlah desa di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dalam waktu dekat akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang sebelumnya sempat tertunda, karena kabupaten Pangkep juga menghadapi pesta demokrasi Pilkada serentak yang baru-baru ini selesai digelar pada tanggal 9 Desember 2020 lalu, selain itu pandemi covid yang melanda juga menjadi salah satu alasan tertundanya Pilkades tersebut.

Saat ini di kabupaten Pangkep ada sebanyak 27 desa yang masa jabatan kepala desanya sudah habis dan sementara diisi oleh pelaksana tugas kepala desa yang ditunjuk bupati Pangkep dan ke 27 desa ini mendesak akan melaksanakan pilkades untuk memilih kepala desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pangkep, Dzulfadli mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan regulasi serta menyusun tahapan agar pilkades serentak bisa dilaksanakan pada Januari 2021 mendatang

"27 desa yang akan menggelar pilkades ini, sekarang dipimpin pelaksana tugas, lantaran masa jabatan kepala desanya sudah berakhir. Awal Januari ini kita akan bentuk panitia pemilihan di tingkat desa. Insyaallah semuanya berjalan lancar," kata Dzulfadli, Jumat (18/12/2020).

Selain menyiapkan regulasi, DPMPD Pangkep juga tengah menyiapkan data dan anggaran pilkades. Nantinya, pelaksanaan pilkades ini wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Pelaksanaan pilkades wajib mematuhi protokol kesehatan agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19. Penerapan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) wajib ditaati dalam seluruh tahapan pilkades,” ujarnya.

(ADM-KP)

 

Posting Komentar untuk "Usai Pilkada, 27 Desa di Pangkep Kembali Bakal Menggelar Pilkades Serentak 2021"