Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NIP CPNS 2019 Sudah Mulai Terbit, Silahkan Update dan Cek NIP Mu Disini

KORANPANGKEP.CO.ID - Seleksi CPNS 2019 sudah memasuki tahap akhir, yakni penetapan NIP CPNS 2019. Pengusulan NIP CPNS 2019 sudah dilakukan sejak tanggal 4 sampai 30 November oleh seluruh instansi ke pihak BKN.

Rampungnya penetapan NIP CPNS 2019 tentu membuat para CPNS merasa lega, karena tak lama lagi mereka akan siap mengabdi sebagai calon ASN untuk bekerja di instansi masing-masing. Pihak BKN sendiri sudah mengatakan sekitar awal Desember adalah waktu penetapan NIP CPNS 2019.

Meski demikian, para peserta yang NIP-nya sudah ditetapkan belum berstatus PNS, karena masih harus melalui tahap penilaian kompetensi dan kinerja pada instansi tempat mereka bekerja. Melansir informasi dari website resmi BKN, jika tidak ada kendala teknis, maka SK CPNS 2019 rencananya akan terbit pada awal Desember 2020 dan para CPNS mulai menerima gaji pada awal Januari 2021.

Berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan, para CPNS nantinya akan mendapat gaji sebesar 80 persen dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999. Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa CPNS yang telah menjalani masa percobaan sekurang-kurangnya 1 tahun dapat diangkat menjadi PNS setelah memenuhi kewajiban dan persyaratan yang telah ditentukan.

Sebaliknya, jika CPNS tidak memenuhi kriteria penilain pada tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentutan waktu yang ditetapkan. BKN juga mengatakan bahwa penetapan keputusan pengangkatan (SK) CPNS adalah 30 hari kerja setelah menerima penetapan NIP.

Untuk penggajian, CPNS akan benar-benar digaji setelah melakukan tugas, dibuktikan dengan surat pernyataan melaksanakan tugas dan baru akan digaji pada awal Januari 2020. Data BKN mencatat dalam formasi CPNS 2019 sebanyak 150.315 NIP sudah siap diterbitkan bila kelulusan sudah diumumkan dan dilanjutkan pemberkasan.

Melansir informasi dari beberapa sumber, berikut tahap pengusulan NIP CPNS 2019 sesuai dengan peraturan BKN 14/2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS.

1. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi menyampaikan usul penetapan NIP kepada BKN, termasuk kelengkapan dokumen pemberkasan peserta yang sudah diverifikasi oleh masing-masing instansi.
2. Tim Pengadaan BKN akan melakukan pemeriksaan atau validasi berupa pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan dokumen-dokumen yang sudah diverifikasi instansi. Hasil pemeriksaan dan penelitian usul NIP dari instansi dikategorikan berupa:

  • usul penetapan NIP yang Memenuhi Syarat (MS) ditetapkan NIP oleh BKN
  • usul penetapan NIP yang bahannya tidak lengkap (BTL) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi untuk dilengkapi
  • usul penetapan NIP yang tidak memenuhi syarat (TMS) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi

3. PPK dalam waktu paling lama 30 hari kerja setelah menerima penetapan NIP dari BKN, kemudian membuat keputusan pengangkatan (SK CPNS).
4. BKN akan melaksanakan proses penetapan NIP CPNS secara elektronik melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen yang diunggah secara online (DOCU Digital) serta pertimbangan teknis penetapan NIP CPNS secara digital.

Itulah tahap pengusulan NIP yang dilakukan setelah tahap pemberkasan CPNS 2019. Jika sebelumnya ada kesalahan pada berkas yang diunggah, BKN telah menyediakan fasilitas berupa notifikasi kepada peserta yang sudah mengunggah berkas tersebut.

Peserta CPNS 2019 saat ini masih menunggu update terbaru penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Surat Kerja (SK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk Update NIP CPNS 2019 terbaru silahkan Klik Tombol Merah CEK DISINI dibawah ini


(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "NIP CPNS 2019 Sudah Mulai Terbit, Silahkan Update dan Cek NIP Mu Disini"