Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unggul di Rekapitulasi Suara, MYL-SS Belum Ditetapkan Pemenang, Ini Alasannya

KORANPANGKEP.CO.ID - Komisi Pemilihin Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, telah melakukukan Rapat pleno rekapitulasi suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangkkep pada Pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan di gedung Aula kantor KPU Pangkep. Rabu(16/12/2020).

Dalam hasil rekapitulasi Suara tersebut Paslon berakronim MYL-SS memperoleh suara sebanyak 72.973 suara. Disusul paslon Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (Ramah) peroleh 53.348 Suara. Kemudian Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (Aiz-Risma) peroleh 41.564 suara, dan paslon Andi Nirawati-Lutfi (Anir-Lutfi) peroleh suara 30.467 suara.

Meski MYL-SS telah dinyatakan unggul dalam rapat pleno perolehan suara, namun pihak KPU belum dapat menetapkan pasangan calon (Paslon) tersebut sebagai pemenang pilkada Pangkep sebab KPU Pangkep masih menunggu proses selanjutnya yakni jika ada paslon lain mengajukan gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK) usai pleno rekapitulasi suara, dan Jika tidak ada pelaporan, maka KPU akan melakukan penetapan pemenang pemilihan bupati-wakil bupati Pangkep.

“Paling lama tiga hari kedepan, paslon diberi waktu untuk mengajukan gugatan ke MK terhadap hasil rekapitulasi yang dilakukan. Kemudian menunggu lagi 5 hari kedepan untuk memastikan ada tidaknya gugatan yang dilayangkan paslon dari kabupatan/kota lainnya yang menggelar pilkada. Setelah itu tahapan penetapan baru dapat dilakukan,” ungkap Burhan, Ketua Komisioner KPU Pangkep.

Burhan menambahkan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangkep kali ini partisipasi pemilih
Hal ini Berdasarkan ketentuan pasal 31 ayat (5) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,

"bersama ini diumumkan formulir D.Hasil Kabupaten/Kota-KWK yang telah ditetapkan melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Nomor: 978/PP.02-6-Kpt/73 10/KPU-Kab/XII/2020 tanggal 16 Desember 2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil" bunyi Surat Keputusan KPU Tersebut

Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Partisipasi pemilih cukup baik yakni dari target partisipasi pemilih 75 persen, dapat dicapai hingga 83,29 persen.
Pangkajene dan Kepulauan Tahun 2020, sebagaimana terlampir dalam pengumuman dibawah ini.



(ADM-KP)
 

Posting Komentar untuk "Unggul di Rekapitulasi Suara, MYL-SS Belum Ditetapkan Pemenang, Ini Alasannya"