Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masuk Masa Pensiun, PNS/TNI/POLRI Bisa Punya Minimarket, Begini Caranya

KORANPANGKEP.CO.ID - Kabar Gembira bagi pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) dan TNI/Polri bisa mendapat bantuan modal usaha hingga Rp 500 juta untuk membuat minimarket. Hal itu akan diberikan oleh Bank Mandiri Taspen (Mantap) yang bekerja sama dengan Toko Mandiri Indogrosir (TMI).

1. Modal hingga Rp 500 Juta

Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K Triprakoso mengatakan pemberian tenor bisa disesuaikan hingga para pensiunan berusia 75 tahun. Jika para pensiunan dapat menabung sebesar Rp 180 juta dengan deposit selama 60 bulan, mereka akan mendapat benefit untuk modal toko tersebut.

"Bank Mantap memberikan modal usaha dengan maksimal plafon hingga Rp 500 juta dengan tenor dapat disesuaikan hingga para pensiunan berusia 75 tahun. Atau para pensiunan dapat menabung sebesar Rp 180 juta dengan deposit selama 60 bulan, Bank Mantap memberikan paket gratis dan benefit untuk modal toko tersebut", ujar Josephus

2. Dorong pensiunan PNS berwirausaha

Dengan bantuan itu diharapkan para pensiunan dapat terpacu untuk berwirausaha membuka toko sembako hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Selain bantuan modal, pihaknya juga akan memberikan bantuan pelatihan.

"Pelatihan yaitu wirausaha mantap sejahtera, sehingga diharapkan usaha tersebut dapat tumbuh dengan baik dan mendukung sektor mikro sebagai penopang ekonomi nasional," imbuhnya.

3. Jenis paket yang Ditawarkan

Dalam bantuan ini ada dua paket yang ditawarkan yaitu Paket Silver dan Paket Gold. Paket Silver menawarkan 500 item dagangan senilai Rp 22 juta dan perangkat/peralatan toko dengan luas toko 3X4 M2. Sedangkan untuk Paket Gold para nasabah mendapatkan 700 item dagangan dengan luas toko 3X5 M2 serta peralatan-peralatan penunjang toko.

"Pada awal tahun 2021 kami targetkan minimal 50 pensiunan yang dapat berwirausaha toko ini, dengan dukungan jaringan Indogrosir di 25 hub Indogrosir yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi diharapkan dapat memudahkan akses para pensiunan yang ini membuka toko ini di wilayah tersebut," ucap Chief Finance Officer (CFO) Bank Mantap, Fajar Ari Setiawan dalam kesempatan yang sama

4. Tujuan Program

1. Bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk menumbuhkan jumlah wirausaha di Indonesia, khususnya dari kalangan pensiunan.
2. Mendorong pensiunan untuk bisa mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.
3. Wirausaha dapat menjadi pilihan kegiatan utama untuk mendukung produktivitas di masa pensiun.
4. Sarana pengembangan diri dan menuangkan ide serta kreativitas untuk menjaga tingkat keaktifan di masa pensiun.

(ADM-KP)

 


Posting Komentar untuk "Masuk Masa Pensiun, PNS/TNI/POLRI Bisa Punya Minimarket, Begini Caranya"