Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Diperhatikan Pemerintah, Dermaga Pulau Kalkalukuang Kalmas Rusak Parah

KORANPANGKEP.CO.ID - Miris betul melihat kehidupan warga terluar dan terjauh kabupaten Pangkep di Pulau Kalukalukuang, Kelurahan Kalukalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep ) Sulsel, sudah bertahun tahun tak diperhatikan pemerintah utamanya sarana dan prasarana umum yang dipakai masyarakat setempat disana.

Bukan hanya tak menikmati listrik PLN seperti masyarakat indonesia pada umumnya, sarana transportasi seperti dermaga yang biasa dipakai warga untuk menyandarkan kapal hasil tangkapan nelayan dan kapal penumpang sangat jauh dari kata layak untuk digunakan lagi untuk perputaran ekonomi di daerah pangkep yang berbatasan langsung dengan pulau Kalimantan tersebut.

Bayangkan dermaga kayu yang menjadi satu satunya tempat bersandar para kapal nelayan dan penumpang kecil tersebut kini keadaanya sudah lapuk dimakan usia, bahkan 60 persen lantai kayu dermaga tersebut sudah pada bolong dan harus ekstra hati hati jika berjalan diatasnya, jika tidak maka kakimu akan terperosok jatuh kedalam laut.

"Meski sudah banyak berlubang dan kayunya sudah lapuk, kita tak ada pilihan lain untuk bersandar, sudah lama dermaga ini tak diperbaiki oleh pemerintah kabupaten Pangkep maupun pemerintah kelurahan, sementara didaerah lain yang dekat dengan kota Pangkep dermaganya masih bagus malah direnovasi terus" Keluh salah seorang warga yang enggan disebut namanya.
 
Senada dengan warga Pulau Kalaukalukuang lainnya, Ismail mengatakan pemerintah setempat sudah pernah menganggarkan untuk perbaikan namun nyatanya hingga saat ini kondisi dermaga tersebut makin rusak parah

"Keruskaannya ini sudah lama pak, kita tiap hari bongkar muat barang disini, sebenarnya sudah tidak layak pakai, tapi karena tidak ada opsi lain makanya kita masih operasikan disini, disini itu ada 2 dermaga pak yang satunya dermaga beton cuman disana stengah mati untuk bongkar muat barang, apalagi bagi kapal kecil seperti kami," ujarnya, Minggu (18/10/2020).

Ismail pun berharap, pemerintah Kabupaten Pangkep segera membenahi dermaga kayu yang ada di pualu ini, sebelum memakan korban. Pasalnya kerusakan jembatan dermaga sudah sangat parah.

"Semoga pemerintah bisa segera melakukan perbaikan, apalagi dermaga ini adalah akses warga untuk datang dan keluar pulau," terangnya.

Sementara itu saat wartawan mencoba mengkonfirmasi, Lurah Kalukalukuang tidak menjawab telponnya, sehingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kelurahan setempat.

Sekedar Diketahui Pulau Kalukalukuang, merupakan salah satu pulau yang terletak di kecamatan terluar kepulauan Kabupaten pangkep, dan berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan, sehingga masyarakatnya seringkali luput dari perhatian pemerintah kabupaten Pangkep baik dari segi sarana dan prasarana maupun pelayanan umum bagi warga Pangkep.

(ADM-KP)

Post a Comment for "Tak Diperhatikan Pemerintah, Dermaga Pulau Kalkalukuang Kalmas Rusak Parah"