Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berpuluh-Puluh Tahun Tak Nikmati Listrik PLN, Pandang Lau Akhirnya Bercahaya

KORANPANGKEP.CO.ID - Setelah berpuluh-puluh tahun tak dialiri listri PLN Kampung Pandang Lau, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, yang terletak di bibir pantai sungai Pangkajene tersebut, akhirnya bercahaya seperti daerah daerah lain di daratan Pangkep.

Bercahayanya kampung Pandang Lau tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional Ke 75. yang jatuh pada hari Selasa 27 Oktober 2020, PLN Sulselrabar meresmikan program Listrik Desa dengan tema "Kampung Bercahaya" di Kepulauan Padang Lau yang diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu dan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid.

"Akhirnya PLN tiba di padang lau, Program ini mengejar keadilan bagi masyarakat hingga di pulau-pulau. Hingga saat ini masih ada pulau kita yang berpenghuni jauh dari pelayanan dasar. Saya pada dasarnya menginginkan APBD untuk menengah ke bawah, APBD untuk masyarakat kecil," kata Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (27/10/2020).

Sementara itu General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu mengungkapkan Pembangunan listrik desa merupakan salah satu bagian program PLN yang ditugaskan oleh pemerintah.Ada terdapat beberapa wilayah unit dari program Listrik Desa yang diresmikan di beberapa kabupaten.

"Tugas dari pemerintah ialah PLN harus menerangi seluruh Desa yang ada di Indonesia, dan Alhamdulillah di Sulsel saat ini terdapat 27 Desa yang diresmikan hari ini. Salah satunya di Padang Lau," jelas General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu.

Ia pun berterimakasi kepada seluruh pihak yang membantu mewujudkan "Kampung Bercahaya" di Kepulauan Padang Lau, atas sinergitas dan dukungan pemerintah maupun masyarakat, pembangunan kelistrikan berjalan lancar.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak. Kami berharap dengan masuknya listrik akan membuat ekonomi masyarakat Desa menjadi lebih baik, pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik, sehingga listrik tidak digunakan untuk menerangi saja, akan tetapi mendukung pengembangan ekonomi," paparnya.

Ismail Deu menambahkan PLN Sulselrabar pun berkomitmen, untuk menyelesaikan program Listrik Desa di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Sebagai bukti keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, keadilan pembangunan bagi seluruh rakyat.

"Tahun depan kami akan merampungkan program Listrik Desa di seluruh desa yang ada di Sulsel, kami ikut menyukseskan program dari pada Pemerintah," ungkapnya.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman dalam kesempatan ini didampingi Bupati Pangkep dan GM PLN Sulselrabar menaikkan MCB listrik rumah warga sebagai pertanda listrik telah ada di Padang Lau.

(ADM-KP)

 


Post a Comment for "Berpuluh-Puluh Tahun Tak Nikmati Listrik PLN, Pandang Lau Akhirnya Bercahaya"