Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PT. Semen Tonasa Sukses Raih Predikat Zero Accident dan Zero Konfirmasi Covid-19

KORANPANGKEP.CO.ID - Pabrik Tonasa V milik PT Semen Tonasa yang berada di Kabupaten (Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, mendapat predikat Zero Accident dan Zero Konfirmasi Covid-19. setelah melakukan agenda rutin pemeliharaan tahunan atau Overhaul Major selama 16 hari di pabrik Tonasa V yang memiliki kapasitas produksi 2,5 juta ton per tahun tersebut.

Menurut GM of Clinker Production, Riduan Marzuki, mengungkapkan overhaul merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan perusahaan dengan bertujuan untuk pemeliharaan peralatan pabrik agar berjalan optimal. Selain itu, untuk menunjang pencapaian kinerja produksi.

"Dengan pemeliharaan rutin maka diharapkan produksi dapat tercapai sesuai rencana, sejatinya overhaul dilakukan 12 bulan sekali, tapi Alhamdulilllah tahun ini dapat bekerja optimal mencapai 14 bulan beroperasi dengan baik, semua itu tidak terlepas dari efektifitas pemeliharan terhadap mesin-mesin pabrik didukung pula dengan sumber daya manusia yang berkinerja baik," ungkap Riduan.

Riduan juga menyebutkan bahwa pihaknya secara ketat menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh tenaga kerja, baik yang ahli maupun outsourcing serta tenaga kerja lokal. Riduan menuturkan, seluruh tenaga kerja yang berasal dari luar Kabupaten Pangkep harus melakukan swab test yang dibiayai oleh Semen Tonasa.

Sedangkan tenaga kerja yang berasal dari Kabupaten Pangkep wajib melakukan rapid test di Semen Tonasa Medical Centre untuk mendapatkan surat keterangan sehat untuk selanjutnya dilaporkan ke Unit Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Selama pelaksanaan overhaul vendor juga wajib mengisi form self assement kesehatan pekerjanya yang dilaporkan secara berkala agar dapat dimonitoring (oleh tim Ranger Covid Semen Tonasa) terkait perkembangan kondisi kesehatan para pekerja yg terlibat dalam kegiatan overhaul tersebut," lanjut Riduan.

Sementara itu Kepala Biro Humas & Sekretariat Semen Tonasa, Andi Said Chalik menambahkan, aturan yang diterapkan oleh perusahaan sangat ketat mengingat penyebaran virus corona ini dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Olehnya itu, pihaknya tegas dalam penerapan protokoler kesehatan untuk memutus mata rantai Covid 19.

"Setiap hari dilakukan sosialisasi safety induction dan sosialisasi penerapan protokler kesehatan serta doa bersama sebelum memulai pekerjaan. Untuk mencegah penyebaran virus Covid maka seluruh tenaga kerja yang berasal dari luar Kabupaten Pangkep disewakan tempat tinggal disekitar pabrik juga penginapan di wisma perusahaan agar memudahkan pemantauan tenaga kerja tersebut," Pungkasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PT. Semen Tonasa Sukses Raih Predikat Zero Accident dan Zero Konfirmasi Covid-19"