Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diubah, Rp.120 M Menjadi Rp.113 M Anggaran Covid-19 Pangkep Sudah Habis Rp.15 M

KORANPANGKEP.CO.ID - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, mengungkapkan hingga saat ini pihaknya telah menggelontorkan anggaran penanganan Covid-19 dikabupaten Pangkep sebesar Rp.15 Miliar.

Anggaran Rp.15 miliar tersebut ditransfer keempat rekening yakni rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Batara Siang, Pangkep.

"Saat ini kita sudah transfer sebanyak Rp.15 Miliar, ke BPBD, Dinas Kesehatan, Badan Ketahanan Pangan dan RS Batara Siang, dengan tiga pembagian untuk anggarannya yaitu Anggaran Kesehatan, Dampak Ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial." Ungkap Asri, Sekretaris BPKD Pangkep, Selasa (11/8/2020)

Asri saat dikonfirmasi oleh awak media menjelaskan bahwa anggaran penanganan covid-19 kabupaten Pangkep kembali mengalami perubahan yang sebelumnya sebanyak Rp.120 Miliar kini berubah kembali menjadi Rp.113 Miliar.

Total anggaran Rp.113 Miliar ini merpakan anggaran yang disiapkan untuk kesiagaan dana tak terduga penanganan pandemi covid-19 di Pangkep, jika nanti semua tidak terpakai maka sisa anggaran tersebut akan dikembalikan lagi ke kas daerah" terangnya

Sekretaris BPKD Pangkep tersebut mengungkapkan total dari anggaran Rp120 miliar itu berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipangkas untuk penanganan Covid-19 masing-masing 35 persen dari total anggaran belanjanya.

Hal senada juga diutarakan oleh Kallang Kepala BPBD Pangkep, menyebutkan total anggaran saat ini sudah habis sebanyak Rp.15 Miliar namun pihaknya belum tahu betul rincian anggaran digunakan oleh masing masing OPD.

"Sudah 15, milyar persisnya saya kurang tahu karena ada 4 OPD yang mengelola anggaran ini, yakni Rumah sakit, Dinkes, BPBD dan ketahanan Pangan, untuk jelasnya silahkan hubungi masing masing OPD nya" Pungkas Kallang Singkat.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, kembali menambah anggaran penanganan covid-19 dengan total ratusan Miiar, Anggaran penanganan covid-19 ini sendiri sudah mengalami perubahan yang awalnya Rp.9 Miliar, kemudian bertambah menjadi Rp.32 Miliar dan terakhir menjadi Rp.120 Miliar

Hal ini disebutkan Sekretaris BPKD Pangkep, Asri saat dikonfirmasi oleh awak media menjelaskan bahwa anggaran penanganan covid-19 kabupaten Pangkep telah mengalami perubahan berkali-kali sebab harus melalui mekanisme pembahasan anggaran terlebih dahulu. Ia membenarkan, kini total anggaran yang disepakati pemkab Pangkep yaitu sebanyak Rp.120 miliar.

“Anggaran dana Covid-19 Pangkep itu total anggaran sebanyak Rp120 miliar, dengan tiga pembagian untuk anggarannya yaitu Anggaran Kesehatan, Dampak Ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial,” ungkapnya.

Sekretaris BPKD Pangkep tersebut mengungkapkan total dari anggaran Rp120 miliar itu berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipangkas untuk penanganan Covid-19 masing-masing 35 persen dari total anggaran belanjanya.

“Hingga kini totalnya sebanyak Rp.120 Miliar untuk belanja barang dan jasa, anggaran itu berasal dari potongan 35 persen masing-masing OPD,” terangnya.

Namun asri menyebutkan hingga saat ini realisasi yang sudah terpakai untuk penanganan covid-19 di Pangkep baru Rp.9 Miliar lebih, dan sisa anggarannya masih menjadi dana tak terduga atau dana cadangan apalagi saat ini kasus covid pangkep meningkat menjadi 35 kasus selama 3 bulan terakhir.

"Dari Rp.120 Miliar itu Rp.84 miliar kita siapkan untuk penanganan kesehatan, selebihnya sebanyak Rp.35 Miliar lebih untuk jaring pengaman sosial dan dampak ekonomi, namun hingga saat ini baru terserap sekitar Rp.9 Miliar lebih dan sisanya Rp.110 Miliar lebih masih menjadi dana tak terduga di kas daerah" pungkasnya

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Diubah, Rp.120 M Menjadi Rp.113 M Anggaran Covid-19 Pangkep Sudah Habis Rp.15 M"