Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Parang Luara Temukan Kerangka Manusia di Gunung Natoa Tondong Tallasa

KORANPANGKEP.CO.ID - Seorang warga pencari porang di gunung Borong Natoa, Dusun Parang Luara, Desa Bantimurung Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menemukan kerangka manusia yang telah menjadi tulang belulang. Selasa (23/6/2020) sekitar Pukul 10.30 Wita

Dari keterangan yang dihimpun awak media kerangka manusia tersebut pertama kali ditemukan oleh Siama (49 tahun) warga Kampung.Parang Luara Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa saat sedang mencari tanaman porang yang banyak tumbuh di kaki gunung Borong Natoa, namun alangkah terkejutnya saat melihat tumpukan kerangka manusia di dalam semak belukar dilokasi tersebut

Siama kemudian melaporkan hal ini ke kepala dusun Parang Luara Sabaruddin (50 tahun) kemudian langsung menuju Polsek Tondong Tallasa untuk melaporkan bahwa salah seorang warganya Atelah menemukan adanya kerangka yg diduga merupakan kerangka seorang manusia.

Polsek Tondong Tallasa pun langsung berkoordinasi dengan pihak Polres Pangkep untuk segera menyikapi laporan warga maka pukul 14.15 Wita, Tim gabungan dari Polres Pangkep dan Polsek Tondong Tallasa menuju ke TKP beserta dengan rombongan Pemerintah Kecamatan Tondong Tallasa dan Tim Medis dari Puskesmas Bantimala yg dipandu oleh Kepala Dusun Parang Luara berserta warga yg menemukan awal kerangka tersebut

Setelah tiba di TKP Tim gabungan tersebut benar menemukan sebuah kerangka manusia yg sudah tidak lengkap yakni berupa tengkorak kepala, Tulang rusuk dan bagian tulang lainnya dalam kondisi terhambur dan tidak beraturan dan telah berlumut kecuali sepasang tulang bagian kaki sudah tidak ditemukan di TKP.

Dilokasi tersebut Tim gabungan juga menemukan sebuah Pakaian (Baju seragam Linmas warna hijau, baju kaos warna biru, celana pendek warna hijau, satu buah jam tangan merek Gucci, Tas ransel warna abu-abu orange yang berisi tas/dompet perempuan, dua buah korek gas, Mantel kresek warna hijau, dan mangkok plastik warna hijau. Barang bukti tersebut diatas diduga adalah milik korban.




Kemudian Tim Gabungan melakukan oleh TKP terhadap kerangka mayat tsb dan diperoleh kesimpulan sementara bahwa Korban sudah meninggal sejak beberapa tahun yang lalu dan mengenai penyebab meninggalnya masih Dalam Lidik.

"Langkah selanjutnya kerangka manusia tersebut dikemas dengan menggunakan kantong jenazah dan Barang bukti diamankan oleh Piket Reskrim Polres Pangkep utk proses Identifikasi dan Lidik Lebih Lanjut." Kata Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji.
 


Ibrahim menambahkan bahwa terkait penemuan kerangka tersebut tidak ditemukan adanya identitas diri dari korban sehingga tim gabungan hingga saat ini belum dapat mengidentifikasi identitas korban hal tersebut senada dengan keterangan dokter dari Puskesmas Bantimala yang tidak dapat memastikan jenis kelamin dari korban tanpa melalui uji forensik.

"Penemuan kerangka tersebut perlu disebar luaskan kewarga guna membantu petugas dalam mengidentifikasi korban dan pengungkapan motif meninggalnya korban."  Pungkas Ibrahim Aji

Usai melakukan olah TKP Tim Gabungan kemudian meninggalkan TKP Gunung Natoa sekitar pukul 19.00 Wita dan membawa kerangka manusia beserta barang buktinya keMapolres Pangkep untuk dilakukan menyelidikan lebih lanjut

Kapolsek Tondong Tallasa IPTU Marzuki,SH. menyebutkan bahwa beberapa tahun terakhir ini pihaknya tidak pernah menerima laporan/pengaduan dari warga mengenai adanya warga yang hilang atau bepergian dan tidak kembali ke rumahnya.

Sementara itu menurut keterangan Kepala Dusun Parang Luara Sabaruddin menjelaskan bahwa sekitar 4 tahun yang lalu ada seorang warga Kampung Bantimurung atas nama Sukri (52 tahun) menyampaikan perihal ibunya yang bernama Suho (70 tahun) telah meninggalkan rumah dan telah dilakukan pencariharian namun tidak ditemukan hingga saat ini.

Sekedar dikatahui Lokasi TKP adalah Kawasan Pegunungan Taman Nasional Bantimurung Bulu Saraung (TN.Babul) dengan jarak tempuh dari kaki gunung sekitar 5 KM dari kantor kecamatan Tondong Tallasa.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Warga Parang Luara Temukan Kerangka Manusia di Gunung Natoa Tondong Tallasa"