Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Miris, Media Garda Terdepan Tak Satu Sen Pun Anggaran Dampak Covid-19 Untuk Wartawan

KORANPANGKEP.CO.ID - Wartawan atau Jurnalis merupakan salah satu garda terdepan dalam penanganan masalah pandemi virus corona (covid-19), Para pekerja jurnalis yang aktiv diberbagai media masa, media online, hingga media visual yang bertugas terus memberikan up-date terkini, terkait perkembangan kasus corona. 

Bahkan tak sedikit dari para jurnalis, berani melakukan liputan langsung terhadap warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tanpa dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) yang mumpuni secara medis. 


Namun mereka (para jurnalis,red) tetap melakukan peliputan, tanpa ada rasa takut sedikit pun, virus tersebut akan menempel dan menggelantung ditubuh para pelaku jurnalis. demi memberikan informasi terbaik, yang terus dinantikan para pembaca setia yang mungkin tengah stay di rumah sesuai arahan pemerintah

Sejatinya, kinerja para jurnalis yang tanpa mengenal lelah dan rasa takut tertular virus pandemi di dunia tersebut, rasanya tak terlalu berlebihan, jika sedikit perlu di apresiasi pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Namun mirisnya, hingga berita ini dirilis, tak satu sen pun untuk penanganan covid 19 tercurah untuk bantuan bagi para jurnalis.

"Tak ada anggaran penanganan Covid-19 untuk para wartawan di kabupaten Pangkep" Ungkap Kallang Kepala BPBD Kabupaten Pangkep

Seharusnya sebagai garda terdepan Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memasukan para jurnalis dalam pos anggaran bantuan sosial, atau dalam pos anggaran yang sudah ada, karena wartawanpun termasuk dalam kategori masyarakat yang aktif beraktivitas. tentu saja hal ini pasti akan mempengaruhi pendapatan wartawan yang terpengaruh dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.
 

Saat pandemi ini, tentu perusahaan teman teman pers juga mengalami kesulitan, mengalami kendala, semua sumber terganggu, baik dari iklan maupun marketing, seperti pemangkasan anggaran koran yang dialihkan ke anggaran penanganan Covid-19

Artinya, sudah pasti profesi wartawan pun termasuk kelompok yang terdampak dari Covid-19 yang juga rentan atau masuk dalam kategori sebagai Orang Terkena Dampak (OTD). Wartawan yang membutuhkan bantuan untuk menunjang kelangsungan ekonomi keluarganya.

Jika melihat anggaran penanganan Covid-19, Pemkab Pangkep menyediakan dana sekitar Rp.30 M. Di dalamnya tentu termasuk dana untuk pembelian alat kesehatan, terutama alat pelindung diri, dana untuk jaring pengaman sosial atau bansos, termasuk sosialisasinya.

Oleh karena itu, saya berharap, janganlah kita melupakan teman teman wartawan yang juga berjuang digarda terdepan. Terkait anggaran dan berbicara mengenai teknis yah itu kita serahkan saja pada pihak terkait, yang penting teman-teman wartawan juga bisa masuk didalam anggaran tersebut, (Pempred Koran Pangkep)

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Miris, Media Garda Terdepan Tak Satu Sen Pun Anggaran Dampak Covid-19 Untuk Wartawan"