Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santri Timboro Magetan Penyumbang Pasien Covid-19 Terbanyak di Kabupaten Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Pesantren Alfatah desa timboro kecamatan Karas, kabupaten Magetan Jawa Timur merupakan kalster terbanyak penyumbang kasus corona di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel hingga saat ini dari 10 pasien covid-19 Pangkep ada 5 orang claster santri Alfatah Timboro yang pulang kampung ke kabupaten Pangkep dinyatakan positif covid-19 dan saat ini dirawat di Hotel Swiss Bell Makassar.

Dari catatan awak media dari 10 Santri timboro asal Pangkep yang reaktif cofid-19 pada tanggal 18 April 2020 seorang Santri Timboro asal kelurahan Anrong Appaka kecamatan Pangkajene kabupaten Pangkep dinyatakan positif Covid-19 saat melakukan tes rapid dan tes swab di bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan santri tersebut langsung di karantina di Hotel Swiss Bell.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dipangkep, Tim Gugus Covid-19 Pangkep kemudian melakukan penjemputan terhadap 10 Santri Timboro lainnya yang sudah berada di Pangkep pada Kamis (30/5/2020). Mereka yang dijemput masing-masing 1 di Desa Lanne, Kecamatan Tondong Tallasa, 2 orang dari Kecamatan Bungoro dan 2 lainnya beralamat di Kelurahan Bontoperak, Pangkajene, kecamatan Minasatene dan Kecamatan Mandalle. santri ini adalah penghafal Alquran yang merupakan aset daerah dan bangsa, sehingga harus benar-benar dipastikan tidak sedang terjangkit Covid-19 sebagaimana rekan-rekan mereka yang lain.

"Penjemputan ini dimaksudkan untuk segera dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dan isolasi rumah sakit dan semoga hasil akhir dari pemeriksaan PCR-nya negatif," ujar Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pangkep, Dokter Annas Ahmad.

Dan benar pada  Selasa (5/5/2020) 2 orang Santri Timboro Asal Pangkep tersebut dinyatakan positif covid-19 dan menjadi pasien 07 dan 08 Pangkep, dua santri tersebut merupakan warga Kecamatan Pangkajene dan Bungoro. kemudian 2 hari sesudahnya 2 Santri timboro tersebut kembali dinyatakan positif covid-19 dan menjadi pasien 09 dan 10 Pangkep warga kecamatan Mandalle dan kecamatan Minasatene.

"Keempat orang ini awalnya berstatus OTG (orang tanpa gejala) yang hasil swabnya positif COVID-19, Kami tracking kontaknya, rumah kedua orang ini juga kami lakukan penyemprotan dan pemeriksaan kepada keluarganya," Ungkap Annas

Dari 10 kasus positif COVID-19 di Pangkep, 3 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan dikembalikan ke rumah masing-masing. 1 orang meninggal dunia, 1 orang pasien dirawat di RS awal bross Makassar dan 5 orang dirawat isolasi di Swiss-Belhotel Makassar.

Annas menambahkan, dengan bertambahnya kasus corona di Pangkep, maka warga harus semakin waspada dan memaksimalkan physical distancing atau jaga jarak diri, apalagi kasus terbaru positif corona tersebut merupakan OTG. Dia meminta warga Pangkep bekerja, belajar dan beribadah dirumah adalah perintah pemerintah dan ulama yang harus dimaknai secara positif sebagai upaya untuk melindungi masyarakat agar tidak tertular wabah Covid-19.

"Pada kondisi seperti inilah kita dituntut untuk benar-benar disiplin secara ketat dalam menerapkan physical dan social distancing sebagai satu-satunya cara memutus mata rantai penularan virus corona yang terus meluas hingga pelosok-pelosok desa, Prinsip kita dalam penanganan wabah adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga zona hijau sekalipun harus tetap disiplin dalam menerapkan prinsip physical dan social distancing," Pungkas Annas

(ADM-KP)


2 komentar untuk "Santri Timboro Magetan Penyumbang Pasien Covid-19 Terbanyak di Kabupaten Pangkep"

  1. Semoga masyarakat pangkep sll disiplin dgn protokol covid19. Cukuplah yg positif dgn imported case magetan itu. Semoga tdk ada terjadi local transmission...waspada !!!

    BalasHapus
  2. Semoga masyarakat pangkep sll disiplin dgn protokol covid19. Cukuplah yg positif dgn imported case magetan itu. Semoga tdk ada terjadi local transmission...waspada !!!

    BalasHapus