Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan THR ASN, POLRI dan TNI Cair, Berikut Jadwal Pencairan THR dan Gaji Ke-13

KORANPANGKEP.CO.ID - Kabar gembira, Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, dan TNI, akan cair paling lambat 15 Mei 2020.

Melalui video conference, Senin (11/5/2020), Sri Mulyani mengatakan THR PNS cair paling lambat 15 Mei 2020. Sri Mulyani menyebutkan pencairan THR PNS untuk tahun ini telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Peraturan Pemerintah (PP) THR sudah dikeluarkan, sudah ditandatangani Pak Presiden. PMK juga akan keluar.Kami saat ini sedang menyiapkan satuan kerja untuk eksekusi THR dan diharapkan serentak paling lambat adalah pada hari Jumat ini tanggal 15 (Mei 2020)," tuturnya, Senin.

Untuk THR 2020, Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 29,382 triliun. Jumlah tersebut jauh lebih rendah ketimbang anggaran THR tahun lalu, yakni sebesar Rp 40 triliun. Mengenai jumlah anggaran THR tahun in, kata Sri Mulyani, termasuk penghematan sekitar Rp 6 triliun. Pasalnya, beberapa golongan eselon dan pejabat tidak mendapat THR karena kondisi keuangan negara yang berat akibat Covid-19.

"Jadi total THR dicairkan pada Jumat (15/5/2020) Rp 29,382 triliun," tandas dia.

Selain THR, ASN juga mendapat gaji ke-13, apa perbedaannya?, THR diberikan kepada PNS setiap tahun menjelang Lebaran. THR PNS cair paling cepat 10 hari menjelang Lebaran.

Besarannya tergantung instansi pemerintah masing-masing, baik kementerian/lembaga pemerintah pusat atau daerah. Komponen THR biasanya meliputi gaji pokok serta tunjangan melekat. Tapi, beberapa instansi menetapkan komponen THR meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja.

Sementara itu, apa gaji ke-13? Berbeda dari THR, tak semua instansi memasukkan tunjangan kinerja ke dalam gaji ke-13. Secara pasti, gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja. Hal ini membuat gaji ke-13 biasanya lebih besar daripada THR.

Jika THR PNS cair menjelang Lebaran, gaji ke-13 akan diberikan pada pertengahan tahun. Mengenai gaji ke-13, telah diatur dalam PP Nomor 35 Tahun 2019.


(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Kapan THR ASN, POLRI dan TNI Cair, Berikut Jadwal Pencairan THR dan Gaji Ke-13"