Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dramatis Protap Dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Virus Corona atau savere acute respiratory syndrome coronavirus 2  ( SARS – Cov-2) adalah virus yang menyerang pada sistem pernafasan.Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid- 19.Virus corona ini menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan,pneumonia akut sampai pernafasan.

Pertama kali ditemukan virus ini dikota wuhan China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat keseluruhan wilayah china dan kini sudah menyebar di 200 negara di dunia termasuk Negara Indonesia. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah Indonesia  dalam mempercepat tanggap dan memutus mata rantai Virus Covid- 19 .

Sementara itu ,berdasarkan data pemerintah kabupaten pangkep, update data virus corona di pangkep, per rabu ( 6/5) total positif virus corona tercatat pasien positif corona 8 orang , pasien Dalam pengawasan (PDP) 16 orang dan Orang  Dalam Pantauan (ODP) 110 orang. Dalam pengambilan data di PUSDALOPS- PB ( Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19)

Sebenarnya jumlah terinfeksi  virus corona di pangkep cukup memprihatinkan dan menyita banyak tanggapan masyarakat yang menimbulkan kepanikan secara psikologis yang dapat membuat trauma dalam penurunan daya tahan tubuh. Padahal kita tau semua kondisi rill kesehatan masayarakat pangkep sangat rentan dengan penyakit sejenis apapun. Belum lagi diperhadapkan dengan beragam masalah kesehatan, dari keterbatasan infrastruktur , tenaga medis dan Alat kesehaatan

Dengan menyadari meningkatnya jumlah pasien positif corona atau covid -19 dipangkep, pemerintah kabupaten memutuskan membuat posko perbatasan untuk pemeriksaan dan pengecekan suhu badan  terhadap warga yang melintasi wilayah kab.pangkep . keputusan pembuatan posko di perbatasan tersebut ditanggapi baik sejumlah stock holder dan masyarakat dalam memutuskan mata rantai virus Covid – 19.

Ancaman Virus Corona atau Covid -19 memang sangat nyata dan serius mestinya jika pemerintah kabupaten pangkep serius dalam memetuskan mata rantai penyebaran covid – 19 semestisnya gugus  tugas  percepatan penanganan  Covid -19 dan tim medis harus sinkronisasi, profesional dan bertanggung jawab bukan malah membuat pasien mengalami trauma psikologis yang dapat dikucilkan ditengah masyarakat, serta membuat gaduh masyarakat sehingga bisa menurunkan sistem imun tubuh manusia mengakibatkan rentang terserang virus.

Salah satu tenaga medis pangkep dengan membeberkan hasil RDT salah satu kluster santri kepada warga lainnya melalui via seluler hal ini sangat disayangkan dan tidak ada satupun tenaga medis membenarkan tindakan(dia) tersebut.

Selaku ketua umum pengurus pusat IPPM Pangkep (wahyu rifki) menyatakan secara tegas bahwa dalam masa pandemic covid 19 tenaga medis semestinya tidak melakukan tindakan ceroboh yang melanggar kewenangan dan inkonsistensi terhadap protap covid – 19. Hal ini menjadi tamparan keras teruntuk dinas kesehatan selaku pemangku tenaga medis di Kabupaten Pangkep, dengan melihat kejadian tersebut kami menuntut Dinas kesehatan menyikapi dengan tegas atas kejadian yang dilakukan salah satu oknum anggota tenaga medis,inilah hal-hal yang terjadi dan harus diwaspadai.

Untuk mengatasi covid-19 ini lanjut Wahyu Rifky, pemerintah tidak bekerja sendirian tetapi memerlukan partisipasi dalam seluruh komponen Masyarakat, termaksud tokoh Agama, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Masyarakat lain-Nya untuk membantu pemerintah menyampaikan ke-Masyarakat terkait himbauan pencegahan covid-19 dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Dramatis Protap Dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pangkep"