Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diduga Korsleting Listrik 3 Kios Hangus Terbakar, dan 5 Penghuni Rumah Luka Bakar di Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebuah kebakaran hebat kembali terjadi siang tadi Kamis, (28/5/2020) sekitar pukul 13.00 yang menghanguskan tiga unit Kios milik Andi Anwar dan anaknya yakni kios kelontong, kios elektronik dan kios furniture, dijalan Andi Maruddani, Kelurahan Tumampuan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, diduga kebakaran tersebut dipicu oleh arus pendek korsleting listrik yang ada pada toko elektronik milik anaknya.

dari informasi yang dihimpun, kebakaran itu pertama kali disaksikan oleh Andi Tati Adriati (55 tahun), istri Andi Anwar. Ia sempat mendengar suara ledakan dari toko elektronik yang berada di bagian depan rumahnya. ia kemudian kedepan mengecek suara ledakan tersebut, namun api sudah membesar kemudian dengan cepat menjalar ke seluruh bagian kios tersebut.

Pemilik rumah bersama anak-anaknya kemudian berusaha berlari keluar untuk menyelamatkan diri.namun saat menyelamatkan diri 5 orang dari mereka sempat tersambar api sehingga 5 orang dalam keluarga tersebut mengalami luka bakar serius, yakni masing-masing Istrinya, cucunya yamg berusia 2 tahun, dan bayi masih berusia 2 bulan, serta dua orang iparnya.

Warga yang melihat kejadian tersebut langsung berhamburan membantu menyelamatkan para korban dan berusaha memadamkan api serta menelpon tim pemadam kebakaran milik Pemkab Pangkep, tak berselang lama 5 unit armada Pemkab Pankep dan 4 unit Damkar dari PT Semen Tonasa langsung beraksi melakukan pemadaman dilokasi tersebut, dan baru dapat di padamkan sekitar pukul 14.30 wita.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pangkep, Kompol Muh Sakir, mengatakan, kebakaran tersebut diduga diakibatkan korsleting listrik. dan kelima korban telah mendapatkan perawatan intensif dari Rumah Sakit Batara Siang (RSBS) Pangkep.

"Ada lima korban dalam kejadian ini, yaitu Andi Nur Islamiah (31 tahun), Andi Reisya Adelia (2 bulan), Arsyila (2 tahun), Andi Irsan (35 tahun), dan Muh Zainuddin (43 tahun). Kelimanya telah dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani tim medis. Kerugian ditaksir Rp. 1 Miliar" Terang Muh Sakir.

Sementara itu, Kepala BPBD Pangkep, Kallang mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya penanganan awal. Dengan menaksir kerugian yang diakibatkan, dan dibuatkan tela'a guna bantuan yang akan diberikan.

"Kita akan kaji dulu kemudian melaporkan ke pimpinan. Tentu akan ada penanganan bantuan awal. Anggarannya masuk pada anggaran darurat," jelasnya, saat dijumpai di lokasi kejadian.

Kebakaran hebat tersebut berhasil dipadamkan berkat kerjasama saling bahu membahu oleh tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pangkep, Tim Damkar PT. Semen Tonasa dibantu oleh pihak kepolisian bersama TNI, Satpol PP dan warga setempat.

(ADM-KP)

1 komentar untuk "Diduga Korsleting Listrik 3 Kios Hangus Terbakar, dan 5 Penghuni Rumah Luka Bakar di Pangkep"

  1. Frekwensi kebakaran di pangkep sangat tinggi... sangat memprihatinkan... perlu ada upaya besar tuk edukasi dan sosialisasi kpd masyarakat utk semajsimal mngkn mencegah kebakaran...

    BalasHapus