Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resahkan Warga Pangkep, Polisi Amankan Puluhan Motor Yang Lakukan Balapan Liar

KORANPANGKEP.CO.ID - Di tengah mewabahnya virus covid-19, sebagian pemuda di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, justru nekat melakukan balap liar. apalagi saat jalan dalam kondisi yang sepi dari kendaraan lainnya. Balap liar itu tak hanya dilakukan saat menjelang sahur atau dini hari. Tapi juga dilakukan saat usai shalat subhu dan menjelang berbuka.

Hal ini membuat warga setempat menjadi resah karena adanya balap liar tersebut, selain suara knalpot yang bising, juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya seperti pejalan kaki dijalan tersebut, dan juga berpotensi menjadi penyebaran virus covid-19 karena adanya kerumunan masyarakat disana baik sebagai pelaku balapan liar maupun sebagai penonton balapan tersebut.

Salah satu warga bungoro yang bernama Abdullah mengatakan, bahwa balap liar didaerahnya itu terjadi sekitar pukul 02.00 Wita menjelang sahur, kemudian dilanjut usai shalat subhu sekitar pukul 05.30 wita. dan sore hari menjelang buka puasa Menurutnya, balap liar itu menjadi kegiatan buruk yang sering dilakukan oleh muda-mudi  pada saat bulan suci ramadhan.

"Jika tidak ditindak lanjuti oleh pihak terkait, saya khawatir kecelakaan pada bulan suci ramadhan tahun kemarin akan terjadi lagi dengan memakan korban jiwa warga sekitar, apalagi saat wabah corona seperti saat ini sangat berpotensi terjadi penularan ditengah kerumunan para muda-mudi itu" katanya, Selasa (28/4/2020).



Menjawab keresahan warga tersebut Satlantas Polres Pangkep menggelar giat Blue Light Patroli.Giat blue light patrol yang digelar sekitar pukul 02.00 hingga 03.30 wita disepanjang jalan poros Pangkep-Makassar dan seputaran kota Pangkajene dan Bungoro dalam operasi yang dilakukan jajaran 751 dipimpin Ipda Hasrul dan jajaran patmor Polres Pangkep.

Dalam operasi tersebut polisi berhasil mengamankan puluhan motor balapan liar. Pihak Satlantas juga menegur pengemudi kendaraan roda enam yang kerap parkir di badan jalan. Setelah menyisir jalan poros ke arah utara. Tim Satlantas menuju trafic light diwilayah Bungoro untuk menghalau rombongan remaja yang akan masuk ke kota Pangkep dengan mengendarai roda dua.

"Ada 60 unit ranmor yang diamankan karena membuat kebisingan dan melakukan aksi balapan liar. Rombongan remaja ini sering membuat kebisingan karena menggunakan sepeda motor berknalpot bogar. Dari konvoi pengendara motor berknalpot bogar berhasil diamanakan 6 unit ranmor." Ungkap Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Mamat Rahmat Selasa (28/4/2020)

AKP Mamat Rahmat SE Msi memerintahkan jajarannya agar melakukan penyitaan dan penahanan selama 1 bulan dan penindakan tilang dengan pemberian denda maksimal kepada pelaku pelanggar lalu lintas tersebut.

“Selain membahayakan diri dan pengendara lainnya, mereka juga berkerumun tidak mengindahkan imbauan pemerintah untuk sosial distancing dan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” Pungkas Mamat Rahmat.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Resahkan Warga Pangkep, Polisi Amankan Puluhan Motor Yang Lakukan Balapan Liar"