Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Resmi Perintahkan Sri Mulyani Tiadakan THR 2020 Untuk DPR, Eselon II dan I

KORANPANGKEP.CO.ID - Wabah virus corona di Indonesia ternyata juga berdampak kepada Pegawai Negeri SIpil (PNS). dimana untuk memenuhi prinsip penghematan di tengah wabah corona covid-19, Presiden RI Jokowidodo memerintahkan menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk meniadakan Tunjangan Hari Raya (THR) 2020 bagi eselon II dan Eselon I, dan THR hanya boleh diberikan kepada Eselon III kebawah

"Sesuai instruksi presiden PNS eselon 1 dan 2 tidak dibayarkan THR-nya, Presiden mengatakan THR akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI, Polri yang posisinya sampai dengan eselon 3 ke bawah" kata Sri Mulyani melalui "video conference" setelah mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor., Selasa (14/4/2020).

Sri Mulyani menambahkan THR yang dibayarkan tidak termasuk dengan tunjangan kinerja. Jadi seluruh pelaksana dan eselon 3 ke bawah atau yang setera dengan eselon 3 mendapat THR dari gaji pokok dan tunjangan melekat, tidak dari tukinnya (tunjangan kinerja), Selanjutnya para pensiunan juga mendapat THR.

"Pensiun juga dapat THR sesuai dengan THR tahun lalu, karena pensiun juga adalah kelompok rentan juga. Jadi THR dilakukan sesuai siklusnya sekarang dalam proses melakukan revisi perpres," ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, pertimbangan pembayaran gaji ke-13 tersebut terkait dengan belanja pemerintah yang mengalami tekanan. Sebab, belakangan ini pemerintah secara jor-joran menggelontorkan insentif kepada dunia usaha serta bantuan sosial untuk meredam dampak virus corona. Selain itu, penerimaan negara juga diproyeksi bakal mengalami kontraksi akibat kegiatan ekonomi yang mengalami penurunan di tengah pandemik.

Sekedar diketahui pada tahun lalu pemerintah mengalokasikan anggaran untuk THR dan gaji ke-13 PNS dan pensiunan mencapai Rp 40 triliun pada 2019. Angka ini melonjak dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 35,8 triliun Rinciannya, sebesar Rp 20 triliun digunakan untuk membayar THR pada Mei 2019 dan Rp 20 triliun untuk penyaluran gaji ke-13 bulan Juni.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Jokowi Resmi Perintahkan Sri Mulyani Tiadakan THR 2020 Untuk DPR, Eselon II dan I"