IKLAN

Alhamdulillah Kondisi Nenek Renta Pasien Covid-19 di Pangkep Berangsur Membaik

KORANPANGKEP.CO.ID - Pasien nenek renta (60 tahun) warga kecamatan Ma'rang kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, yang di vonis Positif Covid-19 oleh tim medis pada hari kamis, 1 April 2020 kemarin  kondisinya berangsur angsur sehat dan mulai membaik setelah dirawat di RSUD Batara Siang Pangkep sejak tanggal 20 Maret 2020 lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pangkep, dr Annas Ahmad mengatakan, meski demikian Pasien nenek renta tersebut masih menjalani isolasi penuh dan ketat diruang isolasi RSUD Batara Siang Pangkep dan sementara tidak diperbolehkan berinteraksi dengan orang lain termasuk keluarga pasien sendiri dan mendapat perawatan yang intensif dari tim medis guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 lebih meluas.

"Pasien yang tengah menjalani perawatan tersebut Kondisinya berangsur pulih dan stabil, Kita akan terus melakukan pemeriksaan hingga dia dinyatakan negatif meski kondisi fisiknya saat ini sudah sehat seutuhnya,” katanya

Annas menyebutkan pihaknya kembali akan mengirimkan sampel lendir tenggorokan pasien Covid-19 tersebut ke RS. Wahidin Makassar untuk memastikan apakah pasien tersebut sudah negatif atau masih positif virus Covid-19

"Insya Allah hari ini kita akan kirim kembali sampel lendirnya ke Makassar, kalau pasien dinyatakan sembuh dan negatif, maka pasien akan dipersilahkan pulang kerumah menjalani hidup seperti hari biasanya" terang Annas yang juga merupakan Dirut RSUD Batara Siang Pangkep. Jumat (3/4/2020)

dr Annas berharap masyarakat semakin mawas diri, bahu-membahu menangkal Covid-19 dengan tetap di rumah, dan menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter. Ia pun mengimbau agar masyarakat yang berada disekitar area tempat tinggal pasien positif itu tidak khawatir akan tertular sebab Virus Corona tidak menular melalui udara, tapi melalui droplets.

"Jadi kami mengimbau agar masyarakat yang bermukim disekitar rumah pasien agar tidak perlu khawatir, karena kami sudah melakukan isolasi kepada keluarga pasien, Virus Corona tidak menular melalui udara, tapi melalui droplets" Pungkasnya.

Menurut Data Gugus Percepatan Penanganan Covid -19, saat ini ada 620 Orang Pelaku Perjalanan (OPP), 32 Orang Dalam Pemantauan, 3 Pasien Dalam Pengawasan, dan 1 Pasien dinyatakan Positif, dan 6 orang sudah selesai proses pemantauan. Dua orang PDP yang saat ini menjalani perawatan di RSUD Batara Siang.


Sebelumnya diberitakan seorang nenek umur (60 tahun) warga kecamatan Ma'rang Pangkep di ponis oleh tim medis positif Covid-19. Pernyataan itu disampaikan oleh Jubir Tim Gugus, Annas Ahmad kepada wartawan, Rabu (1/4/2020). 

Kabar tersebut diketahui setelah pihak RSUD Batara Siang Pangkep menerima informasi dan konfirmasi dari dinas kesehatan provinsi Sulawesi selatan, pagi tadi bahwa pasien yang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), positif terjangkit virus corona covid-19.

"Saat ini, orang tersebut sedang menjalani proses perawatan di rumah sakit Batara Siang dengan tindakan isolasi penuh, Pasien tersebut baru pulang dari perjalanan ibadah umrah Maret lalu. Sejak pulang umrah,"

Annas mengemukakan perempuan 60 tahun itu sudah menderita sakit dengan gejala Covid-19 dan sejak 20 Maret pasien tersebut sudah tetapkan status PDP dan langsung dilakukan tes swab tapi sesuatu dan lain hal hasil swab baru keluar hari ini dan dinyatakan positif Covid-19

"Ini perkembangan yang tidak kita inginkan, dengan adanya warga Pangkep yang positif Covid-19, menjadi keprihatin semua pihak. Olehnya itu, kami berharap masyarakat semakin mawas diri, bahu-membahu menangkal Covid-19 dengan tetap di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter." paparnya

Annas menyebutkan, pihaknya tak merujuk pasien ke rumah sakit rujukan Covid-19, karena seluruh rumah sakit rujukan saat ini penuh dan tak bisa menerima pasien. Annas menegaskan, pihaknya akan melakukan penanganan sesuai standar terhadap pasien positif yang saat ini diisolasi.

Annas menambahkan, dari pemeriksaan riwayat kontak pasien, ia diketahui tinggal bersama lima orang anggota keluarganya. untuk itu pihak Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 juga telah meminta kelima orang yang tinggal bersama pasien melakuakn isolasi. Tim juga melakukan penyemprotan di rumah dan sekitarnya.

"Kita isolasi seluruh anggota keluarganya, kita larang keluar rumah dan menerima tamu. Seluruh kebutuhannya selama masa isolasi 14 hari ke depan ditanggung pemerintah,dan menanggung kebutuhan makan-minum kelima orang tersebut, tim gugus juga akan melakukan tes rapid dan swab kepada lima orang tersebut." Pungkas Annas Ahmad

Menanggapi adanya pasien positif Covid-19, Bupati Kabupaten Pangkep, Syamsuddin A Hamid kembali mengeluarkan edaran kepada seluruh pemilik penginapan maupun hotel agar tidak menerima tamu dari luar Kabupaten Pangkep.Dan seluruh kepala keluarga juga dilarang menerima tamu dari luar daerah di rumahnya," demikian surat edaran tersebut. 


(ADM-KP)


AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Alhamdulillah Kondisi Nenek Renta Pasien Covid-19 di Pangkep Berangsur Membaik "

Post a Comment