IKLAN

Polsek Minasatene Ringkus Delapan Orang Terduga Jaringan Penggelapan Mobil Rental

KORANPANGKEPCO.ID - Sebanyak delapan orang jaringan terduga pelaku penggelapan mobil rental dibekuk oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Minasetene Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) ditempat yang berbeda baik di Sulsel maupun Kaltim. dengan peran yang berbeda.

Kasus ini berawal saat pelaku Syarifuddin merental mobil milik Syahrullah, warga Japing-japing, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Sulsel. Perjanjian rental mobil tersebut selama sebulan dengan harga sewa sebesar Rp5,5 juta, namun setelah masa tenggang waktu sewa rental habis mobil tersebut tak dikembalikan oleh yang bersangkutan ke pemiliknya.

Sang pemilik kemudian melaporkan hal ini ke Mapolsek Minasatene, dari hasil penelusuran polisi, Syarifuddin ternyata telah menggadaikan mobil tersebut dengan bantuan empat orang masing-masing yakni Ira, Tri, Irwan dan Daeng Sila kepada Ali senilai Rp.14 juta di Kota Makassar. Ali lalu menjual mobil tersebut kepada seorang di Balikpapan bernama Yopi dengan bantuan seorang makelar bernama Hasbi seharga Rp.35 juta.

"Pemilik mobil yang memantau mobilnya melalui GPS melaporkan kepada polisi saat mobil tersebut sempat hilang dari pelacakan GPS. Namun, beberapa hari kemudian, GPS kembali aktif dan diketahui mobil berada di Balikpapan, Kaltim. Sesuai pengakuan pelaku, mobil itu diseberangkan ke Kalimantan melalui pelabuhan Parepare. Setelah di kalimantan, GPS aktif dan kami kesana menjemput Yopi dan Hasbi," Ungkap Kanit Reskrim Polsek Minasatene, Ipda Saharuddin, Sabtu (15/3/2020).

Saharuddin menjelaskan Hasil penjualan mobil rental ini dibagi sesuai peran masing-masing pelaku. Ali yang merupakan penadah yang kemudian menjual kembali, mengaku mengantongi uang sebesar Rp10 juta dari kejahatannya itu.

"Selanjutnya, keenam pelaku lain diamankan dari rumah mereka masing-masing. "Ada warga Bantaeng, Gowa, Makassar, Maros dan Pangkep," ujar Saharuddin." Terangnya



Sementara itu, sang pelaku utama Syarifuddin yang menggadaikan mobil yang direntalnya mengatakan nekat melakukan hal itu karena sedang butuh uang untuk membayar sejumlah tagihan utangnya

Saat ini penyidik Polsek Minasatene masih mendalami peran masing-masing pelaku dan mencari tahu keterlibatan jaringan ini dengan jaringan penggelapan mobil rental lain. Mereka akan dikenakan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman empat tahun penjara.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Polsek Minasatene Ringkus Delapan Orang Terduga Jaringan Penggelapan Mobil Rental"

Post a Comment