Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernah Berbaur Dengan Peserta Ijtima Gowa, Warga Minasatene Dijemput Tim Covid-19

KORANPANGKEP.CO.ID - Seorang warga di Kecamatan Minasatene, berinisial NY terpaksa harus dijemput tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten Pangkep dikediamannya dan masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) covid-19. Senin (30/3/2020) kemarin

Humas RSUD Batara Siang Pangkep, Mansyur menjelaskan, NY dijemput tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten Pangkep karena diketahui sempat berbaur dengan beberapa warga yang pernah mengikuti ijtima ulama di Kabupaten Gowa pekan lalu.

“Saat ini lagi dirawat di RS Batara Siang, Dia tidak ada riwayat keluar daerah, namun hasil klarifikasi di kampung tersebut banyak orang yang masuk dalam peserta ijtima dari Kabupaten Gowa, sehingga termasuk dalam ODP,” ungkapnya, .

Lebih lanjut, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan penanganan medis terhadap ODP yang mengalami gejala batuk, demam dan sesak Nafas tersebut.

“Hingga saat ini, masih sementara dalam penanganan medis dan pemeriksaan penunjang seperti radiologi dan laboratorium. Sebab ada gejala batuk, demam dan sesak, dan hasilnya masih menunggu dari Makassar 4 sampai 5 hari kedepan” katanya.

Meski hingga saat ini kabupaten Pangkep belum ada transmisi lokal atas wabah corona, namun tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten Pangkep tetap akan melakukan upaya pelacakan epidemologis, utamanya kepada cluster yang sudah teridentifikasi seperti peserta Ijtima Ulama di kabupaten Gowa.

“Yang masuk dalam daftar prioritas itu, yakni klaster Ijtima Ulama yang berlangsung di Kabupaten Gowa, Sulsel, Makanya kami mengimbau untuk para peserta yang mengikuti (Ijtima Dunia di Sulawesi Selatan) agar melaporkan diri ke call center tim gugus penanganan covid-19 agar dapat didata. Karena ini sangat penting bagi kami untuk kecepatan melakukan pelacakan,” pungkasnya.

Sementara itu juru bicara penanganan Covid-19, dr Annas Ahmad usai rapat terbatas bersama Bupati Pangkep. Syamsuddin Hamid dan unsur forkopimda di posko penanganan Covid-19, Senin (30/3/2020) mengatakan, pihaknya akan melakukan survei dan kelayakan untuk menjadikan Pulau Camba-cambang sebagai lokai karantina pasien. Hingga saat ini juga, data dari posko Covid-19 tercatat, ODP 24 orang dan PDP empat orang.

“Yang masuk ODP rencananya di sana, tetapi yang PDP tetap di RS,” ucapnya.

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid mengaku, akan terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid -19 di Kabupaten Pangkep ini.

“Salah satunya dengan isolasi. Kalau perlu semua warga yang akan tinggal ke Pangkep agar diisolasikan dulu di pulau. Apalagi mereka yang sudah kategori ODP dan PDP. Kami sudah perintahkan, Satpol PP, Damkar, BPBD dan Dinas Kesehatan untuk segera ke Pulau Camba-Cambang untuk melakukan persiapan. Kalau bisa, persiapan dan surveinya dilakukan Senin sore ini,” paparnya.

Sebagai informasi, sebelumnya acara Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, batal digelar. Acara itu batal demi mencegah penyebaran virus corona. Jemaah yang diperkirakan mencapai 8.000 orang pun dipulangkan. Sementara itu, hingga hari ini 28 Maret 2020, total pasien positif virus corona di Sulawesi Selatan mencapai 29 pasien. Terdiri dari 19 asal Makassar, 5 di Kabupaten Gowa, 1 Bulukumba, 1 di Maros, 1 di Pinrang, dan 2 di Sidrap.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Pernah Berbaur Dengan Peserta Ijtima Gowa, Warga Minasatene Dijemput Tim Covid-19"