Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelayanan SIM di Polres Pangkep Tutup, dan Pelayanan Pajak Kendaraan Melalui Online

KORANPANGKEP.CO.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel memutuskan menghentikan sementara pelayanan perpanjangan dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Langkah ini diambil dalam upaya mentaati imbauan pemerintah kepada seluruh warga supaya mengurangi aktivitas di luar rumah dan jangan saling berdekatan satu sama lain terutama di tempat umum untuk mengurangi dampak penularan virus corona.

Pelayanan SIM Satlantas Polres Pangkep yang sudah mulai ditutup pada Hari Ini Kamis 26 Maret 2020 kemarin.hal ini sesuai instruksi langsung dari Kapolri tentang penutupan sementara Pelayanan SIM diseluruh wilayah Indonesia. Penghentian sementara pelayanan SIM hingga masa tanggap darurat virus corona berakhir di Indonesia

“Perintah Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji, Untuk perpanjangan SIM ditutup, SIM keliling dan gerai SIM juga ditutup sementara, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Pangkep sampai batas waktu yang belum ditentukan” Ungkap Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Mamat Rahmat

Lebih lanjut, AKP Mamat menjelaskan dengan ditutupnya Pelayanan SIM untuk sementara waktu maka ada kebijakan dari polisi dimana masyarakat yang SIM nya sudah mati terhitung selama Pelayanan SIM ditutup maka SIM tetap dianggap masih berlaku dan dapat diperpanjangan ketika nanti Pelayanan SIM dibuka kembali.

Dari pantauan awak media nampak di ruang Pelayanan SIM POlres Pangkep sudah kelihatan sepi dari pemohon SIM dan tak ada aktivitas pelayanan ditempat tersebut sejak diberlakukannya penutupan Pelayanan SIM mulai.

Sementara itu Walaupun pelayanan perpanjangan dan pembuatan SIM ditutup, pihak Kepolisian masih melayani pemilik kendaraan bermotor yang ingin membayar pajak. Pemilik kendaraan bermotor cukup menyelesaikan pembayaran melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) online. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot ke kantor SAMSAT, jadi cukup diam saja di rumah.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui SAMSAT online sangat mudah. Berikut prosesnya:

  1. Unduh aplikasi SAMSAT Online Nasional.
  2. Pilih menu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan tekan menu pendaftaran.
  3. Nanti akan ada pemberitahuan, TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  4. Akan muncul formulir yang harus diisi wajib pajak, yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email.
  5. Bila sudah diisi tekan tombol lanjutkan. Sistem akan memproses data tersebut selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.
  6. Wajib pajak cukup menekan tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar. Kode tersebut digunakan untuk membayar pajak melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM).

Jika sudah menjalankan proses tadi serta melakukan pembayaran sesuai dengan besaran biaya pajak yang harus dibayarkan, maka secara otomatis SAMSAT akan mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) dan STNK. Nantinya TBPKP dan STNK dikirim ke rumah sesuai dengan alamat yang sudah didaftarkan, paling lambat 3 hari.


(ADM-KP)

1 komentar untuk "Pelayanan SIM di Polres Pangkep Tutup, dan Pelayanan Pajak Kendaraan Melalui Online"

  1. Hallo...!!!
    Aktifitas Terganggu Karena Virus CORONA? Kini Hadir wongpoker. club Dengan Deposit Menggunakn Pulsa. Mainkan ID Mu sekarang juga , JP Jutaan Rupiah Hingga Winrate
    Tinggi Setiap Harinya !!
    Salam WD Bos! WA: 0877-7572-7442

    BalasHapus