Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepala BKD Sulsel Curhat Soal Honorer K2 Pangkep Saat Didatangi Anggota DPR RI

KORANPANGKEP.CO.ID - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Asri Sahrun Said berkeluh kesah ke Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Hal itu disampaikan Asri Sahrun, saat anggota DPR RI Sulsel berkunjung ke Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Senin (2/3/2020).

Asri mempertanyakan kejelasan pengangkatan tenaga honorer utamanya Kategori Dua (K2) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia mencontohkan di Pangkep, ada 600 orang yang sudah dinyatakan lolos tes K2 sejak tahun 2014. Hanya saja sampai sekarang belum terima Surat Keputusan (SK) pengangkatan.

“Kami harap Komisi II dapat berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat agar memperhatikan nasib honorer K2 di Sulsel," ujarnya.

Secara umum Asri menyebutkan, ada sekitar 852 tenaga honorer K2 yang nasibnya belum jelas. Apakah bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Secara keseluruhan tenaga non PNS yang ada di Pemprov Sulsel sesuai data BKD sekitar 15 ribu. Terdiri atas tenaga teknis 4 ribu orang, dan sisinya 11 ribu tenaga pendidik atau guru.

“Data awal itu sekitar 23 ribu tenaga honorer setelah kita verifikasi di lingkup OPD, sisa 15 ribu, Khusus guru, mereka ini memang sangat dibutuhkan oleh sekolah. Di SMK saja keterpenuhan guru kita baru 60-70 persen, sisanya itu diisi honorer,” " ujar Asri.

Asri berharap melalui Perpres PPPK yang sementara disusun oleh pemerintah atau revisi UU ASN, ada kejelasan soal honorer. Terutama pemberian gaji atau intensif bagi mereka. Artinya, kalau seminggu mereka mengajar 24 jam, sebulan hanya dapat Rp 960 ribu.

“Jujur pak Dewa yan terhormat, kemampuan APBD kami hanya bisa menggaji Rp 10 ribu per jam untuk membayar mereka, Ini sangat jauh dari UMR (Upah Minimum Regional)" katanya.

Sebanyak 13 anggota DPR yang dipimpin Johan Budi diterima Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani, bersama beberapa OPD terkait di Ruang Rapim Kantor Gubernur Sulsel. Mewakili Komisi II, Johan Budi akan berkomunikasi dengan Kementerian terkait.

"Apalagi kan soal K2 yang sudah lulus tes per 2014 itu belum terangkat. Kasihan itu. Saya juga baru tahu demikian," Pungkasnya usai pertemuan.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Kepala BKD Sulsel Curhat Soal Honorer K2 Pangkep Saat Didatangi Anggota DPR RI"