IKLAN

Terkesan Ditutupi Pihak Kampus, Kematian Mahasiswa UMI Asal Pangkep Dipertanyakan

KORANPANGKEP.CO.ID - Seorang mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang bernama Muhammad Fuad Idrus asal kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) warga BTN Bungoro Indah Lama, kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep, Sulsel, dikabarkan telah meninggal Dunia saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar ( Diklatsar) XXI di Dusun Harapan, Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulsel. Selasa 4 Februari 2020, lalu.

Kematian Muhammad Fuad Idrus mulai ramai diperbincangkan di publik setelah pihak keluarga almarhum hingga saat ini belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak kampus perihal penyebab kematian yang dialami Fuad, bahkan hal ini seakan akan ditutup tutupi oleh pihak kampus sebab kejadian ini tidak diketahui oleh pihak kepolisian Maros Tempat Kejadian Perkara saat itu.

Ikhsan Idrus (25 tahun) selaku kakak kandung almarhum Dalam peristiwa ini, mengaku belum diberitahukan penyebab adiknya itu meninggal dunia. Bahkan, panitia ini seolah-olah menutupi kejadian tersebut dan ia hanya diberitahukan jika Muh. Fahmi Puad ini sempat pingsan saat berlangsungnya Diklatsar hingga dibawa ke rumah sakit.

"Yang disampaikan sama panitia kalau adik saya ini sempat tidak sadarkan diri waktu ikut Diksar, terus dibawa ke Rumah Sakit (RS) dan ternyata sudah meninggal,"ungkapnya

Untuk itu Iksan, menyebutkan akan menempuh jalur hukum terkait penyebab kematian adik bungsunya tersebut jika pihak panitia Diklatsar XX UMI Makassar tidak memberikan keterangan resmi terkait peristiwa tersebut

"Keluarga cuma mau ketahui kronologi sama penyebab adik saya meninggal, tapi kalau dari pihak panitia tidak mau kerja sama, berarti harus lewat hukum memang, rencananya hari ini kita melapor," beber Iksan.

Sementara itu Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon mengatakan, panitia pelaksana kampus tidak melaporkan kejadian yang menimpa Muh Fahmi Puad hingga meninggal dunia. Sehingga, setelah menerima informasi tersebut, pihaknya ini langsung melakukan penelusuran peristiwa yang terjadi didaerahnya itu.

"Itu kita ketahui beberapa hari setelah yang bersangkutan meninggal, karena kelompoknya juga tidak melaporkan, makanya kita dapat informasi sendiri, jadi kita telurusi," jelas Musa kepada awak media, Jumat 7 Februari 2020.

Musa menegaskan bahwa meski tanpa laporan, pihaknya akan tetap melakukan penyelidikan dan mendalami kasus ini, untuk mengungkap penyebab pasti kematian almarhum Muh Fahmi Puad. "Iya, kita masih selidiki," singkatnya.

Dari informasi yang dihimpun awak media diketahui sebelumnya, Muhammad Fahmi Puad Idrus, 20 tahun, yang tercatat tinggal di BTN Bungoro Indah Lama, Kabupaten Pangkep, Sulsel ini meninggal dunia saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar ( Diklatsar) XXI di Dusun Harapan, Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa 4 Februari 2020, lalu.

Mulanya kegiatan ini berjalan lancar. Tapi pada hari Selasa 4 Februari 2020, sekitar pukul 04.30 WITA, saat proses Diklatsar tengah berlangsung tiba-tiba korban (Muhammad Fahmi Puad Idrus) terjatuh ke tanah dan sesak nafas.

Melihat Puad tergeletak di tanah, beberapa panitia pelaksana langsung berusaha menolong korban dengan langsung mengevakuasinya ke Rumah Sakit Salewangan Maros dengan maksud diberikan perawatan medis, namun nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan pengakuan dari pihak rumah sakit, korban ini telah meninggal dunia sebelum sampai ke rumah sakit. Dan berdasarkan hasil visum, jika korban sampai di RS nadinya sudah tidak teraba, pupil midriatis sudah tidak ada dan begitupun dengan refleks korneanya.

Adanya peristiwa Diklatsar berujung maut itu, kegiatan itu langsung dihentikan atau ditunda sementara waktu oleh pihak dosen kampus UMI dan mahasiswa pun saat itu dipulangkan ke kampus. Dari jadwal yang ditentukan panitia, Diklatsar ini rencananya akan berlangsung hingga Minggu 9 Februari 2020 mendatang.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Terkesan Ditutupi Pihak Kampus, Kematian Mahasiswa UMI Asal Pangkep Dipertanyakan"

Post a Comment