Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow Keren, Enam Atlet Judo Pangkep Didaulat Wakili Sulsel di PON XX Papua 2020

KORANPANGKEP.CO.ID - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel resmi merilis nama nama atlet yang akan memperkuat Kontingen Sulawesi Selatan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua mendatang. Nama atlet yang akan memperkuat Sulsel tersebut tertuang dalam surat keputusan Ketua Umum KONI Sulsel, nomor 254/SK/I/2020, tertanggal 22 Januari 2020.

Dalam Rilis tersebut Sulsel meloloskan sebanyak 288 atlet pada PON XX Papua 2020. Terdiri atas 230 atlet dari Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di Papua. Sisanya, di luar Papua. Untuk Cabor yang lolos dan dipertandingkan di Papua ada 32 cabor. Sedangkan di luar Papua ada tujuh cabor.

Menariknya, dari daftar nama atlet yang ikut, baik dari nomor pertandingan perorangn dan tim, khusus di cabang olahraga Judo, dari tujuh atlet yang disertakan, enam diantaranya merupakan atlet judo kabupaten Pangkep.

“Kita sudah menerima suratnya dan dari daftar ada beberapa nama dari atlet kita yang diberangkatkan untuk membawa nama Sulsel nanti, ini kebanggaan tersendiri, ini berkat kerja keras mereka, enam diantaranya atlet judo Pangkep,” ungkap Pelatih Judo Sulsel, Karya Djusaib, Jumat (24/1/2020).

Enam atlet judo Pangkep yang masuk daftar atlet yang ikut memperkuat Sulsel yakni Satriani, Nurasriani, Fhikri, Rislam Mannan, Nur Fitrah, dan Aditya Wahyudi. Untuk Sulsel sendiri mengirim 192 atlit yang tergabung dalam 28 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Diakui Karya, jika lima atlet judo tersebut memang merupakan atlet berprestasi yang kerap membawa nama daerah baik hingga ke tingkat nasional.

“Contoh Aditya Wahyudi, dia ini atlet judo kita yang pernah meraih emas di PON 2016 lalu,” katanya.

Ketua Satgas, Nukhrawi Nawir mengemukakan, capaian yang diraih kontingen Sulsel dalam meloloskan diri ke PON XX Papua 2020, sudah sangat bagus.

"Dengan dana yang terbatas para cabor dapat melakukan persiapan mengikuti Pra PON XX-2019 dengan baik. Cabor yang tidak lolos itu sudah melakukan persiapan dengan baik, hanya saja lawan-lawan lebih baik. Artinya kemampuan skill hampir sama tapi kita kalah dalam fisik dan mental," papar Nukhrawi.

Seluruh atlet dan tim yang berhasil lolos ke PON XX Papua 2020, harus mempersiapkan diri lebih baik. Sehingga prestasi olahraga Sulsel, bisa lebih baik lagi nantinya

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah, Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Makassar Miyakawa Katsutoshi, dan Ketua Umum KONI Sulsel Ellong Tjandra, Saat ini juga telah menyiapkan, salah seorang pelatih asal Jepang yang difasilitasi JICA di cabang Judo, yakni Daiki Hatatani.

Nurdin Abdullah mengatakan, bantuan pelatih dari Negeri Sakura Jepang yang diberikan kepada KONI Sulsel memberikan manfaat positif bagi peningkatan prestasi atlet.

“Target kita, semoga Cabang Olahraga Judo bisa meraih emas di PON XX Papua 2020,” Pungkasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Wow Keren, Enam Atlet Judo Pangkep Didaulat Wakili Sulsel di PON XX Papua 2020"