IKLAN

Terserang Penyakit Malaria, Puluhan Warga Marasende Kalmas Dilarikan Ke Makassar

KORANPANGKEP.CO.ID - Puluhan warga Pulau Marasende, Desa Marasende, Kecamatan Liukang Kalukuang Masalima (Kalmas), Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, terpaksa harus dilarikan kesejumlah Rumah Sakit yang ada di Makassar akibat diserang penyakit malaria dan Demam berdarah atau demam dengue (DBD) yang disebabkan oleh Akibat nyamuk Anopheles.

Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Desa Marasende Rus Mubarak Zaz ST menyebutkan Sejauh ini, diketahui sudah puluhan warga tersebut dilarikan ke Makassar untuk diberikan penanganan maksimal, selebihnya masih ditangani pihak puskesmas di Desa tersebut, Kamis (30/1/2020).

“Iya, ada wargaku datang dari pulau ke Makassar karena sakit Malaria, kalau penyakit malaria ada sekitar 20 orang, mengenai obat-obatan sudah dikirim ke luar (ke pulau red) oleh pihak puskesmas pada minggu lalu. Terus, kami Pemerintah Desa (Pemdes) juga bekerja sama dengan pihak puskesmas untuk melakukan penyemprotan nyamuk,” paparnya.

Sekdes Marasende Rus Mubarak Zaz ST yang akrab disapa Bala’ menyebutkanjika warganya yang dilarikan ke salah satu Rumah Sakit (RS) di Makassar tersebut untuk mendapatkan penanganan serius terhadap penyakit malaria yang dideritanya.

Rus Mubarak mengaku saat ini pihaknya dalam mengatasi serangan DBD ini masih dalam penanganan pemerintah desa bersama pihak pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Liukang Kalmas, melakukan penyemprotan (asap) dan memberikan himbauan melalui masjid yang ada disana ke masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, guna untuk mengurangi sarang nyamuk.

"Mengenai hal ini, kami berupaya melakukan penyemprotan membasmi nyamuk yang diduga sumber penyakit malaria, kami juga selaku pemerintah desa mengimbau dan kita sudah sampaikan lewat mimbar Jumat untuk membersihkan lingkungan sekitar, terutama daun pisang kering dan genagan air yang ada di sekitar rumah,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pangkep Dr Indriyani Latif mengungkapkan belum mengetahui perihal kejadian serangan Malaria yang melanda puluhan warga di Marasende, terlebih lagi sudah 3 tahun daerah tersebut sudah masuk zona hijau penyakit Malaria.

"Kami belum menerima laporandari kepala Puskesmasnya hingga saat ini baru saya tahu itu, pulau Marasende itu sudah eliminasi Malaria sejak 3 tahun lagi sehingga dimasukan zona hijau bebas Malaria" Ungkapnya

Indry menyebutkan pihaknya akan segera berkoordinasi secepatnya dengan pihak Puskesmas Kalmas mengenai kabar yang baru diketahuinya tersebut dari pilau terluar kabupaten Pangkep tersebut.

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Terserang Penyakit Malaria, Puluhan Warga Marasende Kalmas Dilarikan Ke Makassar"

Post a Comment