Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pangkep Bakal Dapat Kapal Ambulans Laut Lagi, Pemprov Sulsel Minta Kesiapan Pemkab

KORANPANGKEP.CO.ID - Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pemkab Pangkep) Sulsel kembali akan menerima bantuan hibah Kapal Ambulance Laut untuk yang kedua kalinya dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan guna melayani kesehatan masyarakat yang berada dipulau utamanya puau-pulau terjauh dan terpencil seperti kecamatan Liukang Kalmas dan kecamatan Liukang Tangaya.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Sulsel, Bachtiar Baso saat menghadiri Apel Siaga Bencana di Lapangan Karebosi, jalan Ahmad Yani, Rabu pagi (8/1/2020) kemarin. Ia menyebutkan Saat ini ada lima unit ambulans laut yang sebelumnya telah dihibahkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, siap dioperasikan dan diserahkan ke tiap kabupaten dan kota yang membutuhkan.

Menurutnya, pengadaan lima unit ambulans laut
dengan total anggaran Rp6,4 miliar di APBD 2019 ini merupakan modal pelayanan kesehatan tambahan di APBD 2019. Di mana pada tahun 2019 lalu, telah dihibahkan satu unit ambulans laut untuk Pemerintah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

"Kelima ambulans laut ini akan diserahkan ke daerah-daerah, seperti di Kota Makassar, Sinjai, Luwu Timur, Selayar dan tambahan lagi untuk Kabupaten Pangkep," katanya.

Meski begitu, Bachtiar mengungkapkan jika daerah yang bakal menerima ambulans tersebut harus menyiapkan alokasi anggaran operasionalnya. Penyediaan anggaran operasional yang mumpuni menjadi salah satu persyaratan dari Pemprov Sulsel sebelum ambulans tersebut dihibahkan.

"Makanya saya tunggu itu. Kesiapan pemerintah daerah masing-masing yang mau diserahkan supaya tidak amburadul kayak kemarin pemanfaatannya ambulans laut di Pangkep. Jadi persyaratan itu harus saya perlihatkan ke pak gubernur, kalau pak gubernur setuju baru kita serahkan," terangnya.
 

Langkah proses hibah ambulans laut inipun masih membutuhkan proses panjang. Jadi kelima ambulans itupun akan disebar ke pemerintah kabupaten/kota dengan status pinjam pakai. Namun tetap diharapkan, sudah bisa disiapkan untuk mengakomodir dana operasionalnya.

“Inikan sudah ada pengalaman, jadi 5 ini perlu dipikirkan agar segera dihibahkan ke pemda jika pemda menyanggupi persyaratan yang akan kami buat, misalnya biaya operasional. Biaya operasional inikan misal ada bahan bakar, dan gaji nahkoda, Kalau agak berat proses hibahnya, nanti status pinjam pakai saja dulu. Jadi pemprov pinjamkan ke daerah dan bisa dipakai dengan status pinjam pakai." terangnya.


Bachtiar menambahkan jika Kapal tersebut saat ini sudah siap dan sudah ada ditambatkan di Pelabuhan Paotere Makassar, dan untuk penyalurannya sendiri, lanjut Bachtiar, masih menunggu kebijakan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Ia menyebut kelima ambulans laut itu sudah tiba di Makassar dan masih bersandar di Pelabuhan Paotere.

"Sudah lamami datang, cuman saya parkir dulu di Pelabuhan Paotere. Jadi nanti disiapkan untuk Selayar ada yang ukuran besar satu unit. Terus empat yang kecil ini kalau pak gubernur setuju, sesuai permintaan daerah yang ditempatkan," pungkasnya.

Diketahui Sebelumnya pada Februari 2019 lalu, Pemprov Sulsel memberikan ambulans laut senilai Rp 1,8 M ke Kabupaten Pangkep pada hari jadi Pangkep. Namun ambulans laut tersebut hanya diparkir sungai Pangkajene depan rumah jabatan Bupati Pangkep selama berbulan bulan  karena Peemkab Pangkep tidak mengalokasikan anggaran operasional kapal ambulans laut tersebut di APBD 2019 lalu

Karena lama tidak digunakan dan hanya ditambatkan di sungai Pangkajene depan Rujab Bupati Pangkep seta tidak menempatkan penjaga untuk memantau pasang surut air sungai yang debitnya menurun pada musim kemarau lalu diketahui tenggelam karena diparkir di tempat yang tidak terawat.

(ADM-KP)

Post a Comment for "Pangkep Bakal Dapat Kapal Ambulans Laut Lagi, Pemprov Sulsel Minta Kesiapan Pemkab"