IKLAN

Maling Onderdil Kapal Berambut Pirang Berhasil Diciduk Tim Reskrim Polsek Pangkajene

KORANPANGKEP.CO.ID - Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel melalui tim Reskrim akhirnya berhasil membekuk pelaku Tindak Pidana Pencurian alat onderdil kapal yang meresahkan pemilik kapal saat sandar di dermaga sungai Pangkajene yang terjadi seminggu lalu 28 Desember 2019 yang mana salah seorang pemilik kapal yang bernama H Muhammad Nur melapor ke Polsek Pangkajene usai kehilangan barang  berupa 2 (dua) buah Aki Perahu motor, serta Baling-balingnya

Mendapat laporan tersebut tim Reskrim Polsek Pangkajene langsung bergerak melakukan pengembangan di TKP dan mengumpulkan beberapa keterangan warga sekitar yang mengaku pernah melihat seseorang yang berambut pirang membawa barang berupa alat alat kapal dari perahu yang sandar di pelabuhan Pangkajene saat malam hari, warga tak menindakinya karena menganggap lelaki berambut pirang tersebut adalah salah seorang anggota kapal yang disuruh oleh pemilik kapal itu sendiri.

Pengungkapan kasus bermula saat pelaku yang bernama Fajar Jaya (19 tahun) Warga Lomboka, Kelurahan Tekolabbua, kecamatan Pangkajene, Pangkep, hendak mengulangi lagi perbuatannya pada malam pergantian tahun (31/12/2019) lalu dengan mendatangi kapal Jolloro milik Haedar asal Pulau Sarappo Caddi yang sandar di dermaga sungai Pangkajene, namun apes saat menggeledah diatas kapal pelaku kepergok oleh pemilik kapal dan menyerahkan kepada warga setempat.

Setelah diserahkan ke salah seorang warga setempat yang bernama Ansar, warga Kelurahan Mappasaile, Kecamatan Pangkajene, Pangkep pelaku kemudian di introgasi dan dimintai idntitas KTP nya, namun pelaku dikepas karena warga tak ingin bertindak gegabah, apalagi pelaku berdalih bahwa dia disuruh oleh seseorang dari pulau Sarappo Caddi untuk mengambiil barang di kapal tersebut.

Setelah melepaskan pelaku Ansar kemudian menghubungi polisi dan menyerahkan identitas KTP pelaku untuk kemudian diselidiki karena disinyalir orang yang berambut pirang tersebut adalah pelaku yang beraksi menggondol alat alat onderdil kapal yang hilang selama ini.

"Saya lepas pelaku malam itu karena tak mau bertindak gegabah, namun saya serahkan KTP pelaku ke polisi, karena ciri ciri pelaku yang selama ini beraksi sama persis dengan yang saya baca di media koran pangkep, bedanya rambutnya tidak gondrong, rupanya sudah habis dicukur" terangnya.

Berbekal informasi warga Dibawah komando Kanit Res Aiptu H. Sri Pujianto SH, MM melakukan pengembangan, Kanit Res bersama anggotanya, Aipda Haerul Akbar, SH dan Brigpol HAMZAH mendatangi rumah pelaku dan melakukan Penangkapan terhadap Pelaku yang di duga telah melakukan Tindak Pidana Pencurian tersebut. Sabtu 04/1/2020, sekitar pukul 19.00 Wita.

Setelah ditangkap polisi kemudian melakukan introgasi kepada pelaku dan menunjukan hasil barang curiannya, dihadapan polisi pelaku mengakui perbuatannya 

"Pelaku ditangkap malam tadi  dan sekarang diamankan diruang Penyidik Polsek Pangkajene Polres Pangkep bersama Barang bukti berupa 2 (dua) buah Aki dan kunci Inggris untuk pengembangan lebih lanjut. Upaya yang dilakukan unit Res Polsek Pangkajene tidak terlepas dari hasi kerja keras Tim Reskrim serta kerjasama berupa informasi dari warga Masyarakat" Pungkas Kanit Res Aiptu H. Sri Pujianto SH, MM.

Sebelumnya diberitakan seorang pemilik kapal yang bernama  H Muhammad Nur warga Pulau Podang-podang, Desa Mattiro Dolangeng, Kecamatan Liukang Tupabbiring, kabupaten Pangkep, sejumlah peralatan kapalnya raib digondol maling saat menambatkan perahunya didermaga Pangkajene

Menurut Pemilik kapal penumpang tersebut, barang peralatan kapal miliknya yang hilang berupa Aki GS dua unit, baling-baling dan kemudi monel besi putih (gulingan kapal) dari kapalnya, hilang digondol maling sebanyak dua kali yakni pada tanggal 23 Desember 2019 dan pada tanggal 26 Desember 2019

“Sebelumnya, di hari Senin, 23 Desember 2019 ini saya turun di kapal untuk mengecek barang-barang, lalu memompa airnya, ternyata aki dua biji sudah hilang bersama baling-baling serep, terus Kamis, 26 Desember 2019 saya kembali kecurian Kemudi (Guling) Monel besi putih. Ya… kerugian kami mencapai 3 juta,” Ungkap Muhammad Nur, Sabtu (28/12/2019).

Karena sudah dua kali kehilangan barang barang alat kapal miliknya Muhammad Nur pun akhirnya mendatangi Mapolsek Pangkajene untuk melaporkan kasus pencurian yang dialaminya tersebut. Dengan LP/39/XII/2018/sek Pangkajene tanggal 28 Desember 2019.

Sementara itu, menurut salah seorang saksi mata yang enggan disebutkan namanya mengaku saat dirinya bersama 2 orang temannya yang sedang nongkrong dibawah jembatan mengaku melihat seseorang datang membawa aki dari perahu tersebut pada hari Senin (23/12/2019), dan pada hari Kamis (26/12/2019) ia kembali melihat pelaku yang sama mengambil baling-baling.

“Iya pak, kami lihat turun di kapal itu, kami kira dia yang punya kapal. Tidak lama kemudian dia sudah naik sambil membawa aki dua biji dan baling-baling. Ciri-cirinya rambut gonrong dan pirang, ada tattonya di kedua tangannya, pak,” jelas saksi yang enggan ditulis namanya tersebut.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Maling Onderdil Kapal Berambut Pirang Berhasil Diciduk Tim Reskrim Polsek Pangkajene"

Post a Comment