IKLAN

Lahan Sengketa di Talaka Ma'rang Akhirnya Dieksekusi Pengadilan Agama Pangkajene

KORANPANGKEP.CO.ID - Puluhan porsonil keamanan dari Polri dan TNI diturunkan mengawal eksekusi lahan di kelurahan Bonto-Bonto dan kelurahan Talaka kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. sekitar pukul 09.00 wita, Kamis (16/01/2020) kemarin. 

Sebanyak 1 regu unit perintis Satuan Sabhara Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, dan 5 orang Personel Koramil 05 ma'rang Unit Inteldim 1421 Kodim Pangkep diturunkan untuk mengaman jalannya eksekusi tanah dan sawah oleh Pengadilan Agama Pangkajene  yang dilaksanakan atas permohonan eksekusi terhadap perkara antara Hj. Hilma dengan Hj. Balyana dan Ir. Wahida. 

Dalam pengamanan eksekusi tersebut nampak hadir Kabag Ops Polres Pangkep Kompol Muhammad Zakir didampingi Kasat Sabhara Polres Pangkep AKP Nirwan Kapolsek Ma'rang IPTU Sofyanto bersama KBO Sabhara Ipda Muhtar dan Kanit Turjawali Aiptu Rudi Sanjaya Munir SKM, Bersama anggota Danru 1 Perintis Satuan Sabhara Polres Pangkep dan gabungan staff Polres Pangkep dan pers Polsek Jajaran.

Eksekusi lahan tersebut berdasarkan Surat penetapan oleh pihak Pengadilan Agama Pangkajene dalam perkara Nomor 0001/Pdt.Eks/2019/PA.Pkj tanggal 16 September 2019. Sementara Perihal penetapan Eksekusi terhadap Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 198/K/Ag/2015 antara Hj. Hilma binti H. Muh. Yusuf (dahulu sebagai Tergugat I / Pembanding / Termohon Kasasi / Sekarang Pemohon Eksekusi) yang dikuasakan kepada pihak pengacara Sulaiman Mansyur, SH.

Kemudian dia melawan Hj. Balyana binti H. Muh. Yusuf (dahulu sebagai Penggugat / Terbanding /Pemohon Kasasi / Sekarang Termohon Eksekusi) dan Ir. Wahida binti H. Muh. Yusuf (dahulu sebagai Tergugat II / Turut terbanding / Turut Termohon Kasasi / Sekarang turut Termohon Eksekusi).

Kabag Ops Polres Pangkep, Kompol Andi Muh Zakkir mengatakan, sesuai hasil rapat koordinasi sebelumnya, pihaknya menurunkan 60 lebih personel diantaranya Kasat Sabahra AKP Nirwan, Danramil 05 Marang, Kapolsek Marang, dan personil gabungan Polres Pangkep dan Polsek marang untuk pengamanan selama proses eksekusi tanah dilakukan.

"Selan itu kami juga, pihaknya juga bersinergi dengan personel Koramil untuk mengawal pengamanan eksekusi lahan tersebut." terangnya

Kabag Ops, Kompol Andi Muh Zakkir yang memimpin langsung pengamanan tersebut mengaku, lahan yang dieksekusi itu ada empat bidang, terdiri atas lahan tambak dan persawahan yang terletak di empat titik berbeda.

“Eksukusi berlangsung lancar dan kondusif hingga empat lahan tersebut, Alhamdulillah berjalan dengan aman tidak ada masalah yang terjadi selama proses eksekusi dilakukan,” paparnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Pemohon Eksekusi, Sulaiman Mansyur mengatakan, eksekusi dilakukan berdasar pada surat penetapan oleh pihak Pengadilan Agama Pangkajene dalam perkara Nomor 0001 / Pdt.Eks / 2019 / PA.Pkj tanggal 16 September 2019 perihal penetapan eksekusi terhadap putusan Mahkamah Agung RI Nomor 198 / K / Ag / 2015. 

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Lahan Sengketa di Talaka Ma'rang Akhirnya Dieksekusi Pengadilan Agama Pangkajene"

Post a Comment