Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mantan Lurah Biraeng Armin Syanur Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Makassar

KORANPANGKEP.CO.ID - Mantan Lurah Biraeng, kecamatan Minasatene, kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel Armin Syanur telah menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Selasa (17/12/2019) kemarin. terkait kasus dugaan pungli yang melibatkan mantan lurah Biraeng tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pangkep, Sugiharto. menyebutkan agenda sidang pertama tersebut adalah pembacaan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwah

"Kemarin pukul 3 sore terdakwa Armin menjalani sidang perdananya dugaan perkara pungutan liar, program redistribusi sertifikat tanah dari BPN/ATR, Agenda sidang perdana yakni Pembacaan surat dakwaan jaksa penuntut umum" katanya

Sugiharto menyebutkan, rencananya, agenda sidang selanjutnya akan kembali dilaksanakan pada Januari 2020 mendatang dengan agenda pemeriksaan para saksi-saksi terkait kasus tersebut.

"Insya Allah tanggal 2 Januari 2020 agenda sidang selanjutnya dengan pemeriksaan saksi-saksi," Ungkapnya.

Sugiharto menambahkan dalam kasus program redistribusi sertifikat tanah dari BPN/ATR di kelurahan Biraeng mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 277 juta. Dugaan pungli tersebut masing-masing ke pemilik tanah bervariatif. Mulai dari Rp 500 ribu, Rp 2 juta hingga Rp 13 juta per sertifikat.

"Ada 226 orang yang membayar Rp 500 ribu dan 66 sertifikat untuk pembayaran Rp 13 juta," tambahnya

Diketahui sesuai perbup pembayaran untuk prona kabupaten Pangkep maksimal pembayaran sebesar Rp.250 ribu untuk biaya patok batas tanah dan materai berkas permohonan penerbitan sertifikat.

(ADM-KP)

1 komentar untuk "Mantan Lurah Biraeng Armin Syanur Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Makassar"