Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hari Terombang-Ambing Diperairan Kalmas, Kapal Pesiar KM Lady Nathalia Dievakuasi

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebuah Kapal Pesiar bernama KM Lady Nathalia yang memuat 5 orang penumpang terombang ambing selama 3 hari di perairan Togo-togo Kalukuang, kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel setelah mesin kapal yang mereka tumpangi mati ditengah lautan di wilayah perairan Pangkep yang terluar tersebut.

Dari informasi yang dihimpun awak media, KM Lady Nathalia berangkat pada tanggal 11 Desember 2019 dari Alalak Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju Makassar, namun dalam perjalanan sedang mengalami mengalami ‘trouble engine’ dan mati mesin di sekitar perairan Pulau Togo-Togo Kalukuang Kabupaten Pangkep, dan pertama ditemukan terombang ambing ditengah lautan oleh KM Dharma Ferry 3 yang melintas pada Kamis (12/12/2019). Namun tidak dapat dievakuasi karena kapal ferry tersebut sedang memuat penumpang.

Namun demikian KM Dharma Ferry 3 segera menginformasikan perihal ini Kantor Basarnas Makassar, Sulsel dengan luas wilayah kerja mencakup Sulawesi Selatan dan Barat ini untuk segera diselamatkan, hal ini diutarakan oleh Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, dan mengistruksikan anggotanya menuju lokasi yang dimaksud.

“Hari ini kita terima info adanya Kapal yang mengalami masalah di sekitar perairan Togo-Togo Kalukuang. Kejadian tanggal 12, tapi baru terima info hari ini, Jadi tadi kru bergerak menuju Lokasi dugaan terkahir kali kapal dilihat, menggunakan Alut KN Antasena. Itu sekitar 137 NM dari Pelabuhan Paotere, Makasaar,” jelas Mustari, Kamis (12/12/2019)

Mendapat laporan tersebut, Basarnas Makassar langsung mengerahkan KN Antasena untuk melakukan penyelamatan. Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari mengatakan, informasi yang diterimanya KM Lady Nathalia berpenumpang lima orang.

Kelima ABK tersebut, yaitu Ahiruddin (44 tahun), Donal Rustam (27 tahun), Jamaluddin (25 tahun), Laode Luhuridin (37 tahun), dan satu tukang masak di temukan dalam keadaan selamat.

KN SAR Antasena yang melakukan pencarian sejak kemarin, hingga siang tadi melakukan pencarian di perairan Kalukuang hampir berada di perbatasan Banjarmasin dan dengan adanya berita telah ditemukannya KM Lady Nathalia, KN SAR Antasena menyelesaikan pencariannya.
Selanjutnya KM Lady Nathalia di tarik menuju ke Perairan Banjarmasin oleh tugboat Masnur 03. 

“Alhamdulillah, semua ABK dilaporkan ditemukan dalam keadaan sehat, dan saat ini sedang dibawa menuju ke Pelabuhan Banjarmasin,” tutup Mustari.
Minggu (15/12/2019)

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "3 Hari Terombang-Ambing Diperairan Kalmas, Kapal Pesiar KM Lady Nathalia Dievakuasi"