IKLAN

Wow Keren, Polres Pangkep Raih Penghargaan Pelayanan Publik dari KemenPAN-RB

KORANPANGKEP.CO.ID - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, dan warga Pangkep pada umumnya patut berbangga. Pasalnya upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan kategori "Baik".

Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Kapolres Pangkep, AKBP Ibrahim AJi, Rabu 20 November 2019, di Gedung KemenPANRB di Jakarta. yang diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo

Dalam Sambutannya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengapresiasi Polri dan segenap jajaran yang telah berupaya menciptakan perubahan kinerja yang berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik. Menurutnya, untuk mewujudkan pelayanan prima, salah satunya dengan mendengar dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

"Dalam mewujudkan pelayanan masyarakat khususnya dalam lingkup kepolisian, tentu kita harus mendengarkan aspirasi masyarakat, walaupun sepahit apapun aspirasi dari masyarakat itu," ujarnya saat acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2019 di Jakarta, Rabu (20/11).

Dikatakan, kehadiran Polri di seluruh Indonesia berkontribusi besar dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Diantaranya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, menciptakan kondisi perekonomian yang stabil, menimbulkan kepercayaan masyarakat, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Tjahjo juga mendorong Polri untuk terus berinovasi dalam upaya menjawab kebutuhan masyarakat dan memperbaiki pelayanan publik. Selain itu, aparatur negara dituntut untuk bekerja kerja, produktif, dan tidak terjebak pada rutinitas yang monoton.

"Perlu keberanian dengan langkah-langkah inovasi publik untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang makin dinamis. Oleh karena itu, kehadiran Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro harus berkontribusi besar dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa Kepolisian harus mampu menggandeng berbagai unsur masyarakat serta berkolaborasi dengan lembaga pemerintah maupun swasta. Hal ini perlu dilakukan secara aktif melalui berbagai kegiatan untuk mengetahui kebutuhan dan memberikan masukan untuk pelayanan publik

“Kita harus bekerja dengan orientasi hasil serta selalu meninjau masalah di lapangan dan menemukan solusinya. Semuanya kita lakukan agar publik merasakan dan menikmati pelayanan publik yag berkualitas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu AKBP Ibrahim Aji mengaungkapkan rasa syukurnya bahwa apa yang telah ditorehkan Polres Pangkep ini suatu penghargaan buat pelayanan publik, tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari pejabat lama, dan para personil dijajaran Polres Pangkep khususnya bidang pelayanan SIM.

“Dengan begitu, motivasi bagi saya pula sebagai pejabat baru untuk terus meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan publik,”ujar Ibrahim Aji, saat dikonfirmasi via telpon, usai menerima penghargaan.

Lanjut dikatakan, pengargaan yang diberikan oleh KemenPANRB ini dalam hal pelayanan publik bidang SIM dan SKCK. “Insya Allah kedepan, kita terus berbenah dan memberi pelayanan secara maksimal,”katanya.

Senada diungkapkan, Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Mamat Rahmat yang ikut mendampingi Kapolres mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Pangkep khususnya pada pelayanan permohonan SIM. Maka Satlantas Polres Pangkep selama ini berbenah dalam meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan membuat terobosan pembenahan ruang tunggu pemohon SIM.

“Dari situ, Alhamdulillah semua itu telah mendapat penilaian dan penghargaan KemenPANRB. Torehan penghargaan ini, justru mendorong kita untuk bagaimana terus membuat terobosan dalam meningkatkan pelayanan maksimal,”ujarnya.

Seperti diketahui, dari 450 jajaran Polres di seluruh Indonesia, 207 diantaranya mendapatkan penghargaan yang sama, termasuk Polres Pangkep.

Sebelumnya, juga telah dilakukan Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik 2019 di lingkungan pemerintah daerah. Tiga unit pelayanan publik yang dievaluasi untuk pemda antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Wow Keren, Polres Pangkep Raih Penghargaan Pelayanan Publik dari KemenPAN-RB"

Posting Komentar