Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelarian Pencuri Mobil di Barru Kandas Dipagar Pesantren Uswatul Marang, Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Seorang pria bernama Unding alias Dedi (37 tahun) berhasil ditangkap Satuan Intelkam dan personil piket Provost Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) karena diduga mencuri mobil milik Bustam (57 tahun) pemilik Mobil Innova  dengan nomor polisi DD 1225 DR yang sedang shalat Duhur di masjid Taqwah, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Selasa (12/11/2019)

Kejadian bermula saat Bustam dan keluarganya sedang singgah shalat di masjid Taqwah Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, saat korban masuk mesjid, pelaku langsung naik ke kendaraan dan membawa lari mobil, beserta 2 orang anak korban yang tertidur ikut terbawa, setelah berjarak kurang lebih 1 kilo meter Unding kemudian memaksa kedua anak itu untuk turun dari mobil dan melanjutkan perjalanan menuju kearah Kabupaten Pangkep.

Korban kemudian segera melaporkan hal ini ke polisi setempat, Setelah mendapat laporan anggota Polsek Mallusetasi bergerak cepat mencari pelaku, dan berkoordinasi dengan cepat ke Polres Pangkep untuk menghadang pelaku yang mengarah ke utara kabupaten Pangkep.

"Kami berkoordinasi dengan anggota resmob pangkep untuk melakukan penghadangan terhadap mobil yang dikendarai Unding, yang mengarah ke arah kabupaten pangkep,"ungkap Kapolsek Mallusetasi AKP Syarifuddin.

Aksi kejar kejaran pun berlangsung antara pelaku dan polisi hingga masuk kekabupaten Pangkep, dan pihak polres Pangkep menghadang pelaku di jalan poros Marang, Pangkep, namun saat melihat polisi, pelaku kemudian mengarahkan kendaraan curiannya tersebut menuju  Kampung Barangkatala, Kelurahan Marang, Kabupaten Pangkep.

Bagai film action polisi terus mengejar pelaku hingga akhirnya pelarian pelaku terhenti saat mobil yang dikendarai pelaku menyeruduk pagar pesantren dan pos security
Uswatul Kecamatan Marang Kabupaten Pangkep yang mengakibatkan ban mobil yang dikendarai pelaku pecah.

Saat menyeruduk Pagar dan Pos Satpam pesantren, pelaku belum menyerah, dan buru-buru membuka pintu mobil dan berusaha kabur masuk kedalam sekolah,  petugas kepolisian dengan sigap memblokade lokasi, dan pelaku pun tak bisa lagi berkutik. lalu dibekuk, selanjutnya digelandang ke Makopolrea Pangkep untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, ia menjelaskan bahwa pelaku beraksi di sebuah parkiran Masjid di wilayah hukum Polres Barru. Dia (pelaku), langsung membawa kabur mobil dengan nomor polisi DD 1225 DR. Didalam mobil itu ada dua orang anak pemilik mobil, satu orang perempuan berusia 16 tahun dan satu orang lelaki berusia 6 tahun, keduanya saat itu berada didalam mobil,” kata Kabid Humas Polda Sulsel

“Anggota Polres Barru setelah mendapat informasi langsung berkoordinasi ke Mapolres Pangkep untuk mencegat pelaku yang mengarah ke wilayah Pangkep-Makassar, saat itulah maling yang melintas di Kampung Ma’rang, Kabupaten Pangkep dicegat oleh aparat Polres Pangkep. Namun ia berusaha mengendalikan mobil dikemudikannya hingga menyeruduk tembok pesantren. Pelaku pun diringkus,” ungkap Kabid Humas saat dikonfirmasi, Rabu (13/11/2019)

Ibrahim Tompo menambahkan selain mengamankan mobil innova hasil curian polisi juga berhasil mengamankan 1 unit motor jenis RX King. Menurut pengakuan pelaku motor tersebut dicuri di Kabupaten Mamuju.

Sementara itu Kasatreskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong mengatakan, Polres Pangkep menerima laporan satu unit mobil yang diduga hasil curian mengarah ke Kabupaten Pangkep. diduga pelaku bakal membawa kabur mobil menuju Makassar, tetapi berhasil dibekuk di Pangkep.

Lanjutnya "Pelaku dan satu unit mobil tersebut diamankan di Kecamatan Marang, di depan Pondok Pesantren Ushwatul Is'ad Kampung Barangkatala," terang Anita.

L"Personel gabungan langsung melakukan penghadangan. Namun pelaku hendak melarikan diri masuk di area pesantren dengan menabrak pagar pesantren dan pos satpam," tambah Kasatreskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong.

Saat menabrak pagar, ban mobil belakang rusak dan pelaku turun dari mobil dan larimasuk ke dalam pesantren, hingga tim berhasil membekuknya. Saat ini Unding sudah dibawa ke Polres Barru untuk mengungkap motifnya membawa kabur mobil korban.

"Saat ini pelaku beserta satu unit mobil tersebut telah diserahkan ke Polres Barru, untuk penyidikan lebih lanjut," jelasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Pelarian Pencuri Mobil di Barru Kandas Dipagar Pesantren Uswatul Marang, Pangkep"