Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5160 Rumah Tangga Miskin Pertanian di Pangkep Bakal Dapat Bantuan Bibit Ayam Super

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebanyak 5160 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel bakal mendapatkan bantuan berupa bibit ayam kampung super beserta Kandang, Pakan dan Vaksinnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep saat dr. kesehatan Hewan Aceng,  menjelaskan bahwa bantuan ini melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahterah (Bekerja) dari Menteri Pertanian RI, berupa anak ayam kampung super, umur satu bulan. Program ini bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan terutama dibidang pertanian

“Untuk bantuan RTM yang akan diberikan kepada RTM yakni ayam kampung super 50 ekor umur 1 bulan, biaya kandang ayam per RTMP sebesar Rp 500 ribu, dan pakan 150 Kg, serta paket obat dan vaksin” Ungkapnya.
saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya Senin (30/9/2019).
Menurut Aceng saat ini pihaknya tengah sibuk mempersiapkan program bantuan RTM ini utamanya melakukan Koordinasi dan verifikasi RTMP di sejumlah wilayah di kabupaten Pangkep jauh sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan verifikasi data RTMP di sembilan Kecamatan daratan dan penggunungan.

"Sudah beberapa hari ini kita semua staf bidang peternakan sibuk dilapangan dalam merealisasikan penyerahan bantuan tersebut" teranya

Menurutnya bahwa langkah awal yang dilaksanakan yakni sosialisasi dan verifikasi data, yang diundang dalam sosialisasi tersebut diantaranya Camat, lurah, tokoh masyarakat juga dari DinasPertanian.

"Selanjutnya dilakukan pembentukan kelompok UPKK, kemudian buka rekening bagi setiap RTMP, selanjutnya pencairan atau penyaluran dana untuk biaya kandang ayam, dan distribusi pembagian ayam." Katanya

Aceng menambahkan bahwa pihaknya hanya menyiapkan keperluan yang akan di bagikan ke masyarakat penerima RTMP, sementara untuk data penerima bantuan tersebut sepenuhnya dari Dinas Sosial kabupaten Pangkep

Untuk penerima RTMP, data yang diberikan itu sudah ada memang dari Dinas Sosial," Pungkasnya

Sekedar diketahui bahwa Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera Berbasis Pertanian) merupakan program penanggulangan kemiskinan yang digagas oleh Kementerian Pertanian. Program ini bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan terutama dibidang pertanian. Dalam mendukung program tersebut Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melaksanakan kegiaan Bekerja melalui bantuan ayam/itik, pakan, obat-obatan, kandang serta bimbingan teknis (bimtek) dan pendampingannya.

Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian pertanian yang diberikan amanah melaksanakan program BEKERJA di Provinsi Sulawesi Selatan. Koordinasi dan verifikasi RTMP telah dilaksanakan di Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Sopeng, Sidenreng Rappang, dan Pangkep dengan total 15.698 RTMP.

Kegiatan diawali dengan koordinasi dengan pihak yang akan terlibat meliputi dinas peternakan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pertanian Kabupaten, Kecamatan yang berada wilayah RMP, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, dan Kepala Desa wilayah RTMP. Kegiatan selanjutnya adalah verifikasi RTMP ke setiap desa yang warganya tercantum dalam daftar penerima bantuan untuk di verifikasi kebenarannya.

Data dapat dihilangkan apabila kepala desa atau Lurah menyatakan RTMP tersebut telah tergolong masyarakat mampu, pindah domisili, meninggal tanpa ada akhliwaris atau apabila RTMP tidak berkenan menerima bantuan tersebut. Tim verifikasi dari BIB Lembang, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Serta TKSK akan menghapus RTMP tersebut dari daftar penerima. 


(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "5160 Rumah Tangga Miskin Pertanian di Pangkep Bakal Dapat Bantuan Bibit Ayam Super "