IKLAN

Usai Tangkap 3 Komplotan Pencuri Kabel Milik Tonasa, Kini Giliran Penadah Digiring Kepolisi

KORANPANGKEP.CO.ID - Usai menangkap 3 Orang pelaku dari komplotan pencurian kabel listrik tembaga milik PT.Semen Tonasa di areal kawasan Dermaga Biringkassi, Kecamatan Bungoro, kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel. kini giliran seorang penadah Kabel curian tersebut juga ikut diamankan jajaran Polres Pangkep ke tahanan Polsek Bungoro

Penadah barang kabel tembaga curian tersebut diketahui bernama Mas Rofi'i bin Suparno (34 tahun), seorang pengumpul barang bekas rongsokan besi, tembaga dan plastik, asal tanah jawa yang mengadu nasib di kabupaten Pangkep.

Rofi'i dibekuk usai mengintrogasi ketiga pelaku yang telah ditangkap sebelumnya yakni Daeng Taming (65 tahun), Daeng Lepu (53 Tahun) dan Agus (28 tahun) yang menyebutkan barang hasil curian tersebut dijual kepada Mas Rofi'i. Keempatnya kini sudah mendekam di Mapolsek Bungoro.

Menurut Kapolsek Bungoro AKP Hari Suwita, peran Mas Rofi'i sendiri selain membeli barang kabel curian tersebut Ia juga berperan menyediakan peralatan untuk memotong motong kabel tembaga tersebut, serta menyiapkan kendaraann untuk memindahkan barang tersebut ketempat lain untuk dikupas dan kemudian dijual kepadanya.

"Dia (Rofi'i) menyediakan gergaji yang dipakai untuk memotong kabel dan menyiapkan mobil untuk mengangkut kabel dari kapal jolloro ke tempat lain untuk dikupas," ungkap Kapolsek Bungoro, AKP Hari Suwita, Sabtu (2/06/2019).

Saat diperiksa dihadapan petugas, Mas Rofi'i mengakui perbuatannya memfasilitasi peralatan dan kendaraan yang digunakan para pelaku saat beraksi, Dia juga mengakui membeli kabel itu seharga kurang lebih Rp63 ribu per kilogram.

"Itu lalu dijual Mas Rofi'i seharga Rp63 ribu. Pengakuan mereka, aktifitas pencurian ini sejak Februari 2019 lalu. Kalau klaim Tonasa, kerugian mereka mencapai Rp587 juta," terang Hari Suwita.


Berdasarkan hasil pengembangan kasus, selain keempat pelaku yang sudah tertangkap tersebut masih ada empat pelaku yang diduga turut serta dalam aksi pencurian kabel tembaga milik PT. Semen Tonasa tersebut, yang hingga saat ini masih tengah dalam pengejaran polisi.

Sebelumnya diberitakan Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal Polres kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) berhasil menciduk komplotan pencuri kabel listrik berbahan tembaga. para komplotan tersebut beraksi di kawasan pelabuhan Bringkassi, dengan modus mengeluarkan barang tersebut melalui jalur laut.

Untuk sementara tim satreskrim telah berhasil menangkap tiga orang dari beberapa orang kawanan pencurian kabel tembaga milik PT. Semen Tonasa tersebut, dan masih mengejar komplotan lainnya yang diduga ikut terlibat mengeluarkan kabel tersebut dari area pelabuhan Biringkassi.

Ketiga pelaku pencurian kabel milik PT Semen Tonasa diketahui masing-masing bernama, Daeng Taming (65 tahun) warga Kampong Baru, kelurahan Boriappaka, Kecamatan Bungoro, Pangkep berprofesi sebagai nelayan sedangkan Daeng Lepu (53 Tahun) dan Agus (28 tahun) keduanya merupakan warga desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Pangkep dan sama sama bekerja sebagai buruh harian di pelabuhan Biringkassi.

Kasat Reskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong menyebutkan penangkapan ketiga pelaku ini atas adanya laporan di polisi di Polres Pangkep perihal adanya kehilangan kabel listrik tembaga dari pihak Semen Tonasa.

Menurut Anita pihaknya awalnya menangkap Daeng Taming. Kepada polisi, Daeng Taming mengaku berperan sebagai yang membawa kabel hasil curian dengan kapal jolloro (perahu tradisional) miliknya. Dari Taming, polisi mendapatkan nama pelaku lain yang bertindak sebagai eksekutor di lapangan, dan para pelaku dijemput dirumah masing masing.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti berupa potongan-potongan tembaga dari kabel hasil curian mereka. Kasus ini lalu diserahkan ke Penyidik Polsek Bungoro untuk ditindaklanjuti. sementara pelaku lainnya yang diduga turut serta dalam pencurian termasuk penadah kabel curian tersebut masih dalam pengejaran polisi

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Usai Tangkap 3 Komplotan Pencuri Kabel Milik Tonasa, Kini Giliran Penadah Digiring Kepolisi"

Posting Komentar