IKLAN

Usai Lebaran Pasien Kolesterol Meningkat di RSUD Batara Siang Pangkep, ini Penyebabnya

KORANPANGKEP.CO.ID - Usai lebaran Idul Fitri 1440 H salah satu masalah yang dialami sebagian orang adalah meningkatnya kolesterol pada tubuh. Masalah ini terutama dialami karena banyaknya santan, daging, serta kudapan tak sehat lain yang kamu konsumsi.

Sebut saja, ketupat, opor ayam, sambal goreng ati dan ampela, sayur labu santan dan lainnya. Tentu saja semua makanan ini bebas disantap sesukanya. Namun, hati-hati, di tengah keriaan tersebut, sebagian orang berkolesterol tinggi harus menahan diri. Di hari Lebaran, mereka harus menghindari beberapa jenis makanan khas hari raya.

Seperti yang terlihat di RSUD Batara Siang kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel ratusan warga Pangkep yang datang memeriksakan kesehatan ke rumah sakit tersebut, rata rata untuk memeriksakan kolesterol dan gula darah mereka yang naik pasca lebaran 

"Kita tangani tadi 700 pasien, Paling banyak pasien di poli penyakit dalam itu 200 pasien tadi dan rata-rata mereka memeriksakan kolesterol dan tekanan darahnya. Penyebabnya, sebagian karena konsumsi daging pasca lebaran ini," ungkap Kepala Bidang Pengawasan dan Rekam Medik RSUD Batara Siang Pangkep, H.Mansur, Senin (10/6/2019) kemarin.

Menurut Mansur Makanan khas sajian Lebaran, tidak jauh dari makanan kadar kolesterol tinggi yang dapat mengakibatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh jadi meningkat. Hal ini bisa merembet pada keluhan kesehatan lain, jika tidak ditangani dengan cepat.

"Kalau untuk orang sehat, bebas mau makan apa saja selama dua hari, tapi orang dengan penyakit tertentu, seperti diabetes dan kolesterol, tentu harus hati-hati," terangnya.

Umumnya makanan dan minuman tersebut tinggi lemak, manis, dan asin. Ada juga kue-kue manis dengan kalori tinggi mengandung cokelat dan keju. Cake biasanya dibuat dengan kuning telur banyak yang tinggi kandungan kolesterolnya. Hidangan makan juga banyak mengandung santan.

“Makanan yang bersantan juga mengandung lemak. Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi. Ini sudah tidak baik untuk kesehatan,” pungkasnya.

Jangan jadikan momen Lebaran sebagai waktu balas dendam setelah selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ketahuilah bahwa makan berlebihan selama Lebaran dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Nah, guna menghindari hal tersebut, Anda wajib makan dalam jumlah secukupnya alias tidak berlebihan. Mulailah makan secara bertahap dan perlahan, dengan porsi lebih kecil dan frekuensi lebih sering. Cara ini dilakukan agar tubuh Anda dapat beradaptasi dengan pola makan seperti sedia kala.

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

1 Response to "Usai Lebaran Pasien Kolesterol Meningkat di RSUD Batara Siang Pangkep, ini Penyebabnya"