IKLAN

Safari Ramadan Jembatan Menyapa Rakyat dan Mendengar Aspirasi Masyarakat Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tak hanya mewajibkan kita untuk berpuasa saja. Pada bulan ini, kita semua juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, sedekah, infaq, dan ibadah serta amal-amal lainnya. 

Itu semua dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT  serta menjadi ajang transformasi kesadaran (ruhaniyah) agar lebih peka dan peduli pada sesama. 

Karena itu, bulan Ramadhan bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Khusus bagi pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, begitu juga pejabat publik lainnya, bulan Ramadhan ini dimanfaatkan menjadi jembatan untuk menyapa rakyat sekaligus sebagai bukti kepekaan dan kedekatan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat.

Apalagi dalam pelaksanaan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan banyak yang bersifat kolektif, seperti kegiatan berbuka atau shalat tarawih, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi secara lebih massif, efektif dan efisien tanpa harus bersusah payah mengumpulkan massa atau masyarakat.

Acara buka bersama dan dilanjutkan dengan tarawih berjamaah merupakan momentum untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat. Untuk itu, jalinan komunikasi yang dilakukan pemerintah, sewajarnya menjadi lebih intensif. Agar masyarakat merasa Negara tidak absen dalam kehidupan mereka.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi secara lebih intensif dengan masyarakat adalah dengan melakukan safari Ramadhan. Para pejabat pemerintahan, harus turun dan merasakan langusng apa yang menjadi keluhan rakyat. 


Harus tahu dengan mata kepala sendiri, bagaimana dan mengapa keluhan itu terjadi. Dengan begitu, pemerintah jadi tahu persoalan di lapangan secara persis. Sehingga kebijakan yang akan dimabil betul-betul mengena sasaran.

Hal inilah yang dilakukan Wakil Bupati Pangkep, H.Syahban Sammana, saat menggelar safari Ramadan di Masjid Baitulrahman, Kampung Salebbo, Kelurahan Sapanang, Kecamatan Bungoro, Pangkep, Rabu (8/5/2019).

Syahban Sammana mengatakan, selain menyerap aspirasi momentum ramadan juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat desa.

"Safari ramadan ini kita lakukan untuk menyerap, menampung aspirasi sekaligus bersilaturahmi di bulan ramadan ini," kata Syahban.

"Ada berbagai keluhan yang kita terima, termasuk saran dan semuanya itu kita akan tindaklanjuti," ujarnya.

Dia mengajak ASN Pangkep untuk bersama-sama memakmurkan masjid dan menghadiri Safari Ramadan tahun 2019 ini.

Pada kesempatan tersebut salah seorang tokoh masyarakat Salebbo, Majid, kepada wakil bupati Pangkep mengadukan bahwa saat ini banyak penyakit dan hama yang melanda wilayah persawahan di kampung Salebbo, sehingga hasil panen padi tahun ini sangat menurun dibanding tahun lalu.

"Pak Wakil Bupati Sawah kita disini dilanda hama, kami minta agar pemerintah membantu memberikan solusi supaya hasil panen kami tidak berkurang," kata Majid.

Bagi Masyarakat Pangkep yang ingin menyampaikan Aspirasinya langsung ke Pemerintah kabupaten Pangkep pada acara Safari Ramadan kamu bisa menyiapkan dari sekarang keluhan dan sarannya sejak sekarang. Berikut Jadwal Safari Ramadan Pemkab Pangkep 1440 Hijriah.

Selasa (7/5/2019) salat tarawih di  Masjid Baiturrahman, Kampung Salebbo, Kelurahan Sapanang Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Rabu (8/5/2019) salat tarawih di Masjid Nurul Salam Tuju-tuju, Kelurahan Mangalekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

Jumat (10/5/2019) salat jumat di Masjid Agung, Kelurahan Tumampua, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep.

Senin (13/5/2019) salat tarawih di masjid Almustaqwin Senggerang, Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep.

Rabu (15/5/2019) salat tarawih di masjid Miftahul Jannah, Desa Compo Tompong, Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep.

Kamis (16/5/2019) buka puasa/salat tarawih di masjid Babussalam, Kelurahan Talaka Kecamatan Marang, Kabupaten Pangkep.

Jumat (17/5/2019) salat jumat di masjid Nurul Iman, Pulau Satando Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep.

Senin (20/5/2019) buka puasa/salat tarawih di masjid Raodhatul Muflihin, Kampung Ballea Dusu Kantisan Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep.

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Safari Ramadan Jembatan Menyapa Rakyat dan Mendengar Aspirasi Masyarakat Pangkep"

Posting Komentar