IKLAN

Hore, THR Untuk PNS, TNI, Polri dan Pensiun Cair Pada Tanggal 24 Mei 2019

KORANPANGKEP.CO.ID - Pemerintah kembali akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS, TNI dan Polri pada akhir Mei 2019 mendatang. Rincian THR yang didapat meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Hal ini dipastikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani agar THR cair sebelum memasuki bulan Juni nanti.


"Karena ini hari raya awal Juni, dan untuk pembayaran berarti harus dilakukan Mei," ujarnya beberapa waktu lalu.

Senada dengan Sri Muliyani, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan kepastiannya pembayarannya adalah pada tanggal 24 Mei nanti.

"Menurut Pak MenPAN-RB THR akan dibayarkan pada 24 Mei 2019 dengan besaran sama dengan take home pay (THP) per bulan," kata Ridwan saat dihubungi awak media, Rabu (8/5/2019) kemarin.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2019, komponen THR PNS mencakup gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja.

THR tak hanya akan diterima PNS, TNI, Polri, tetapi juga pensiunan. Berbeda dengan PNS, pensiunan hanya akan menerima pensiunan pokok.

Pemerintah sebelumnya telah menaikkan gaji pokok PNS yang mulai dibayarkan pada April 2019. Dengan demikian, nantinya THR PNS juga akan mengacu pada gaji baru tersebut.

Dalam PP Nomor 15 itu dituliskan bahwa gaji terendah PNS, golongan I/a masa kerja di bawah 1 tahun menjadi Rp1.560.800. Sementara gaji tertinggi yakni untuk PNS golongan IV/e dengan masa kerja 32 tahun adalah sebesar Rp5.901.200.

Sementara tunjangan yang diterima PNS dan masuk dalam komponen THR bervariasi bergantung pada instansi atau lembaga yang membawahinya, jabatan, kinerja, dan sebagainya.

Tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan belanja pegawai untuk pos belanja Kementerian/Lembaga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp224,41 triliun. Kemudian, untuk belanja pegawai di pos belanja non K/L sebesar Rp157,15 triliun.

Lalu bagaimana dengan tenaga honorer, apakah juga dapat THR? Menurut PP Nomor 19 Tahun 2018 tentang tunjangan hari raya, pegawai honorer non PNS tetap mendapatkan THR.

Berikut rincian lengkap tentang THR untuk pegawai honorer atau non PNS:

Menurut PP nomor 19 Pasal 8 huruf f Tahun 2018 tentang tunjangan hari raya, ketentuan pemberian THR dalam Peraturan Pemerintah ini berlaku juga bagi pegawai honorer.

"Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian/pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan."

Menurut PP nomor 19 Pasal 8 Tahun 2018 tentang tunjangan hari raya, dana untuk THR pegawai honorer dari APBN.

"Anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan PP ini dibebankan pada:

a. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bagi:

- Pejabat dan pegawai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 huruf a, huruf b, huruf c, huruf e dan huruf f."

Dalam Pasal 8 dijelaskan "Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian/pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan."

Dalam PP tersebut dijelaskan tentang "Pegawai Lainnya", yaitu Pegawai Non PNS yang diangkat oleh pejabat Pembina kepegawaian/pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentua peraturan perundang-undangan, pada kementerian lembaga pemerintah non kementerian/lembaga negara/lembaga independen/lembaga lainnya selain lembaga non struktural termasuk pegawai lainnya pada Badan Layanan Umum.


(ADM-KP)
koran pangkep

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Hore, THR Untuk PNS, TNI, Polri dan Pensiun Cair Pada Tanggal 24 Mei 2019 "

Posting Komentar