IKLAN

Gugatan Sengketa Pemilu Istri Bupati Pangkep Kandas Sebelum di Sidangkan Ke MK

KORANPANGKEP.CO.ID - Gugatan sengketa Pemilu Rismayani Istri Bupati kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) H.Syamsuddin A.Hamid, caleg DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel II ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap rekan separtainya Supriansyah pada tanggal 23 mei 2019  melalui pengacaranya Amirullah Tahir, Rusli, Hannani Parani dan M Aliyas Ismail, kandas sebelum disidangkan di MK.

Hal ini dikarenakan adanya aturan internal Partai Golkar yang mengatur bahwa Gugatan permasalahan pileg Internal antara para caleg Golkar diupayakan selesai dalam proses internal, dan khusus terkait perselisihan eksternal (perselisihan antara caleg Partai Golkar dengan partai lain) sudah dipastikan diajukan ke MK. Artinya.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR Adies Kadir mengatakan, setidaknya ada 9 gugatan yang akan diajukan ke MK dan gugatan internal Partai Golkar akan diselesaikan melalui Mahkama Partai Golkar.

"Ada 9 masalah eksternal yang Pasti kita laporkan ke Mahkamah Konstitusi, dan ada 9 yang kita selesaikan melalui Mahkamah partai nanti yang akan menentukan," ujar Adies di Kompleks Parlemen Senayan.

Dari 9 gugatan internal yang di tangani Mahkamah Partai Golkar memutuskan salah satu diantaranya nama Supriansa tidak termasuk nama yang direkomendasikan oleh Partai Golkar untuk digugat ke MK. Itu Artinya gugatan Rismayani dan gugatan Muh. Yasir kandas ditengah jalan.

Pada sidang putusan tersebut Mahkamah Partai golkar dalam salahsatu poin putusannya menyebutkan Terhadap perkara-perkara yang tidak diberikan rekomendasi persetujuan tertulis dari Mahkama Partai Golkar diatas dapat ditindaklanjuti dengan mengajukan kembali permohonan ke Mahkama Partai Golkar setelah mendapatkan bukti-bukti tertulis berupa laporan dari Baaslu tentang adanya pelanggaran money politik, Keputusan KPU tentang perubahan perolehan Suara, serta putusan pengadilan terkait dengan tindak pidana pemilu.

Sebelumnya diberitakan rismayani menggugat rekan separtainya di Golkar, Supriansa terkait dugaan penggelembungan Perolehan suara caleg DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel II pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Dilansir dari situs resmi MK, Dalam berkas permohonan Rismayani, tertulis bahwa perolehan suara Supriansa yang sebanyak 54.659 (rekap KPU Sulsel) diduga di-mark up. Dugaan itu terjadi di sejumlah TPS di delapan kecamatan, Kabupaten Soppeng.

Menurut pemohon (rismayani red), suara yang diraih mantan wakil bupati Soppeng itu sebanyak 54.659 versi rekap KPU Sulsel, diduga digelembungkan dan sejatinya hanya 52.165 lebih banyak dari suara pemohon yang berada diposisi ketiga perolehan suara partai dimana suara pemohon adalah 52.763..

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Gugatan Sengketa Pemilu Istri Bupati Pangkep Kandas Sebelum di Sidangkan Ke MK"

Posting Komentar