IKLAN

Gugatan Ditolak Bawaslu Pangkep, Caleg PKS Ajukan Koreksi Putusan Pemilu Ke Bawaslu RI

KORANPANGKEP.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) akhirnya menolak gugatan dugaan pelanggaran admministratif pemilu 2019 yang dilaporkan oleh Hendra Asman, S.Pd, Caleg dari PKS dapil 1 Pangkep, Sulsel pada sidang putusan ada hari selasa 14 Mei 2019 kemarin

Pada sidang putusan tersebut Bawaslu Pangkep tidak menemukan pelanggaran data pemilih. Pihaknya menegaskan, KPU Kabupaten Pangkep tidak terbukti melakukan pelanggaran administratif terhadap data pemilih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangkep, Samsir Salam menyampaikan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang dihadirkan, serta fakta-fakta persidangan lainnya. Pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran administratif yang dilakukan KPU Kabupaten Pangkep.

“Selama 4 kali sidang dengan menghadirkan beberapa saksi, tidak ditemukan pelanggaran administratif yang dilakukan oleh KPU dan jajarannya baik pelanggaran terhadap tata cara, prosedur atau pun mekanisme pada KPU, sebagaimana yang telah disampaikan oleh pelapor yang masuk ke Bawaslu.” ucapnya, Rabu (15/5/2019).

Sementara itu Komisioner KPU Pangkep, Rohani menyampaikan bahwa, dalam empat kali persidangan, pihaknya telah menghadirkan saksi ahli dari Disdukcapil, PPK, PPS dan pemilih yang bersangkutan. Pihaknya juga menjelaskan, semua tahapan pemutakhiran data pemilih dan perbaikan DPT telah dijalankan sesuai dengan regulasi yang mengatur.

“Semua bisa kami buktikan bahwa tuduhan pelapor itu salah, keliru dan tidak tepat sasaran. Semua kita jalankan sesuai aturan, yakni UU No 7 Tahun 2017, PKPU No 11 dan diubah menjadi PKPU NO 37 Tahun 2018, bahkan dalam DPTHP-3, kami juga telah mencoret 1.123 pemilih yang tidak memenuhi syarat,” pungkasnya.

Ditempat terpisah pelapor Hendra Asman, S.Pd mengaku tidak puas dengan putusan yang diberikan Bawaslu Pangkep, dan akan mengambil langkah gugatan selanjutnya melalui gugatan Koreksi putusan pemilu di Bawaslu RI.

"Saat ini pihak kami sementara memasukkan koreksi putusan pemilu ke Bawaslu RI." Jawabnya singkat.

Ketua Bawaslu, Abhan mempersilakan para peserta pemilu untuk melakukan koreksi terhadap rekapitulasi penghitungan perolehan suara nasional hasil Pemilu 2019. Menurutnya, pengajuan koreksi sebagai salah satu hak peserta pemilu.

"Jika ada keberatan, silakan lapor kepada kami (Bawaslu). Gunakan mekanisme yang ada," katanya di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Mekanismenya, sambung Abhan, peserta pemilu mengajukan koreksi setelah ada keputusan rekapitulasi nasional dari setiap provinsi. Surat keputusan rekapitulasi tersebut menurut Abhan, bisa dijadikan sebagai objek sengketa.

Dia mengungkapkan, aturannya tercantum dalam Perbawaslu Nomor 18 tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu.

 (ADM-KP)



koran pangkep

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Gugatan Ditolak Bawaslu Pangkep, Caleg PKS Ajukan Koreksi Putusan Pemilu Ke Bawaslu RI"

Posting Komentar