IKLAN

Duh, Jalur Pembangunan Rel Kereta Api di Pangkep Tersandung Kawasan Hutan Lindung

KORANPANGKEP.CO.ID - Rencana pembangunan jalur rel kereta api di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, bakal terhambat, Pasalnya jalur yang akan dilalui pembuatan rel kereta api tersebut rupanya melewati kawasan hutan lindung yang ada di Desa Mandalle, Kecamatan Mandalle, kabupaten Pangkep. diduga dalam perencanaan pembangunan rel kereta api tersebut tak melakukan koordinasi dengan kementrian kehutanan RI

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Abbas Hasan Ia menyebutkan, perencanaan jalur rel kereta api di Mandalle masuk hutan lindung, Kementerian Kehutanan telah memberikan pemberitahuan kepada pemerintah daerah tentang hal itu.

Abbas mengaku dalam hal ini Pemkab Pangkep sendiri tak bisa berbuat banyak karena penetapan hutan lindung dan proyek kereta api adalah kebijakan kementrian pusat yang menaunginya. pihaknya pun baru mengetahui setelah ada penetapan jalur kereta api dan pemberitahuan dari kementrian Kehutanan (Kemenhut) RI.

"Gambarnya memang begitu, jalur rel masuk kawasan hutan lindung. Tapi kami baru tahu setelah jalur kereta api ditetapkan dan ada pemberitahuan dari kemenhut," ungkap Abbas.

Untuk meluruskan hal tersebut pihak terkait akan berkoordinasi dan berkonsultasi serta akan mengajukan surat permohonan penghapusan status areal hutan lindung untuk wilayah yang masuk dalam kawasan proyek rel Kereta Api.

Ia sendiri mengatakan, akan ke Jakarta untuk membicarakan hal ini dengan Kementrian Kehutanan. Keberangkatannya ke Jakarta dijadwalkan pada Selasa mendatang bersama unsur terkait seperti kantor Agraria dan Tata Ruang/BPN dan Kejaksaan Negeri Pangkep. Rencananya, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid juga akan memenuhi undangan Balai Perkeretaapian tersebut.


(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Duh, Jalur Pembangunan Rel Kereta Api di Pangkep Tersandung Kawasan Hutan Lindung"

Posting Komentar