IKLAN

Demi Jalur Rel Kereta Api, Pemkab Pangkep Akan Rubah Tata Ruang Wilayah Hutan Lindung

KORANPANGKEP.CO.ID - Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, dalam waktu dekat akan mengajukan surat permohonan perubahan tata ruang wilayah. ke Pemerintah Provinsi Sulsel, hal ini dilakukan setelah diadakan koordinasi dengan berbagai pihak terkait tentang permasalahan lahan pembangunan rel kereta api yang masuk dalam kawasan hutan lindung.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten III Pemkab Pangkep, Irdas, SH., M.Si. mengungkapkan perubahan tata ruang wilayah nantinya akan mengeluarkan seluruh kawasan yang berstatus hutan lindung menjadi bukan hutan lindung. Usulan perubahan ini akan diserahkan ke Pemprov Sulsel yang diteruskan ke Kementerian Kehutanan.

"Kalau Pemkab Pangkep akan mengubah perubahan tata ruang wilayah. Hutan lindung yang kena kawasan proyek rel nanti kita usul dihapuskan," kata Irdas diruangan kerjanya, Kamis (16/5/2019).

Irdas memastikan proyek pembanguan rel KA akan tetap berjalan, karena merupakan salah satu program strategis pemerintah pusat. Dalam pengurusan administrasi hutan lindung tersebut, proyek dipastikan tetap akan jalan

Diberitakan sebelumnya bahwa Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Abbas Hasan Ia menyebutkan, perencanaan jalur rel kereta api di Mandalle masuk hutan lindung, Kementerian Kehutanan telah memberikan pemberitahuan kepada pemerintah daerah tentang hal itu.

Abbas mengaku dalam hal ini Pemkab Pangkep sendiri tak bisa berbuat banyak karena penetapan hutan lindung dan proyek kereta api adalah kebijakan kementrian pusat yang menaunginya. pihaknya pun baru mengetahui setelah ada penetapan jalur kereta api dan pemberitahuan dari kementrian Kehutanan (Kemenhut) RI.

"Gambarnya memang begitu, jalur rel masuk kawasan hutan lindung. Tapi kami baru tahu setelah jalur kereta api ditetapkan dan ada pemberitahuan dari kemenhut," ungkap Abbas.

Untuk meluruskan hal tersebut pihak terkait akan berkoordinasi dan berkonsultasi serta akan mengajukan surat permohonan penghapusan status areal hutan lindung untuk wilayah yang masuk dalam kawasan proyek rel Kereta Api.

(ADM-KP)




AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Demi Jalur Rel Kereta Api, Pemkab Pangkep Akan Rubah Tata Ruang Wilayah Hutan Lindung"

Posting Komentar