IKLAN

Astaga, Terungkap Status Tahura Pangkep Hanya Pinjam Pakai, Lantas Tahura Milik Siapa ?

KORANPANGKEP.CO.ID - Carut Marut pengelolaan Taman Hutan Rakyat (Tahura) di di Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci Kabupaten kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel menjadi polemik yang perlu dicermati bersama pasalnya disatu sisi lahan yang ditempati Tahura seluas 30 hektare, terdiri dari lahan datar dan gunung tersebut adalah lahan milik PT. Semen Tonasa dengan status Hak Guna Usaha (HGU) disisi lain, Aset pemda senilai 5 Milyar tersimpan didalamnya.

Dari penelusuran awak media status Tahura Pangkep yang dibangun pada tahun 2013 terungkap ternyata hanya berstatus pinjam pakai dari tanah milik PT.Semen Tonasa, bukan sebagai status tanah hibah seperti yang pernah di utarakan Mantan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pangkep Ir.Surya Darma Anis,MM saat itu

"Iya lokasi itu hanya status pinjam pakai pada tahun 2013 lalu, jadi saat itu Dishut Pangkep hanya melayangkan surat permohonan pinjam pakai selama 3 tahun, berarti saat ini tahun 2019 masa pinjam pakainya telah selesai."Ungkap salah satu narasumber yang enggan disebutkan namanya.   

Hal ini dibenarkan oleh Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup, Ir Andi Agustina Wangsa pihaknya pun akan membaha persoalan ini bersama Tonasa, Pemkab Pangkep dan kelompok yang menangani Tahura. Apalagi Tahura tersebut sebelumnya ditangani Dinas Kehutanan Pangkep dan terurus, namun karena Dinas Kehutanan Pangkep sudah dialihkan ke Provinsi, maka proyek Tahura terbengkalai, sehingga sesuai arahan Bupati diarahkan pengelolaanya di bidang penataan lingkungan.

"Kan sudah tidak adami Dinas Kehutanan, makanya terbengkalai jadi diserahkan ke kelompok tani hutan yang kelompok ini sudah memiliki SK Bupati," ujarnya.

Agustina menyebut, Pemkab dan Tonasa serta kelompok tersebut harus berbicara karena di dalamnya juga ada aset Pemkab.

"Jadi benar-benar kita harus bicarakan dan selesaikan Tahura ini, karena jika memang mereka mau mengambil alih itu harus disepakati oleh semua pihak karena kelompok yang menangani itu juga punya SK Bupati," ungkapnya.

Diketahui awalnya pengelolaan tahura ini dibawahi oleh Pemda , tetapi sejak keluarnya Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dimana yang di maksud dengan pembagian urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 


Dalam kasus tahura ini, Dinas Kehutanan yang dulunya dibawahi oleh Pemda , sejak tahun 2016 di alihkan wewenangnya ke Provinsi hingga berdampak pada pengelolaan tahura ini, karena sampai sekarang SK kementrian tentang penanggung jawab tahura ini belum keluar dan belum ada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Akibat dari penungguan SK Kementrian inilah sehingga Tahura ini tidak diterurus dengan baik .Tidak ada upaya untuk melakukan perawatan dalam tahura ini, karena masih bingung akan status kepemilikan aset ini. apakah hak pengelolaan tahura ini milik PT. Semen Tonasa atau milik Pemkab Pangkep, mengingat masa pinjam pakainya sudah selesai.

(ADM-KP)



koran pangkep

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Astaga, Terungkap Status Tahura Pangkep Hanya Pinjam Pakai, Lantas Tahura Milik Siapa ?"

Posting Komentar